Advertisement

Air Sudah Naik, Gelombang Tinggi & Banjir Rob Mengancam Pesisir di DIY

Newswire
Selasa, 17 Mei 2022 - 17:57 WIB
Bhekti Suryani
Air Sudah Naik, Gelombang Tinggi & Banjir Rob Mengancam Pesisir di DIY Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--SAR Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi IV Samas Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengingatkan para pengunjung pantai untuk mewaspadai potensi banjir rob dan gelombang tinggi yang melanda perairan selatan dalam beberapa hari ke depan.

"Situasi dan kondisi terkini air pasang gelombang naik sampai atas, tetapi tidak sampai ke warung-warung atau permukiman di area pantai, namun untuk berwisata dan bermain air tidak boleh," kata Sekretaris SAR Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah IV Samas Bantul, Nugroho saat dihubungi di Bantul, Selasa (17/5/2022).

Dia mengatakan, banjir rob dan gelombang tinggi berdasarkan peringatan dini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berpotensi terjadi sejak 14 Mei hingga 20 Mei. Untuk itu masyarakat pengguna aktivitas maritim dan wisatawan pantai selatan agar waspada dan mempertimbangkan kondisi itu.

Dia mengatakan, kondisi gelombang dalam beberapa hari ini sejak peringatan dini dirilis BMKG berkisar antara tiga sampai empat meter, gelombang tinggi biasanya terjadi pada pagi hari, sementara siang cenderung surut.

"Gelombang tinggi biasanya pasang di pagi hari hingga jelang siang, siang hari ini sudah mulai surut, dan melandai. Namun, kita tetap imbau pengunjung agar tidak bermain air pantai," katanya.

BACA JUGA: Ustaz Abdul Somad Dideportasi Singapura, Politikus PKS: UAS Warga Terhormat

Dia mengatakan, pada awal potensi banjir rob dan gelombang tinggi, SAR Satlinmas harus bekerja ekstra dengan kekuatan penuh dalam pengawasan dan memberikan imbauan kepada pengunjung pantai, mengingat potensi bahaya itu bertepatan dengan libur akhir pekan.

"Saat tanggal 14 Mei kondisi air pasang naik sampai ke atas, karena kebetulan pas hari Sabtu, dan selanjutnya Minggu dan Senin, jadi untuk penjagaan diperketat saja, karena banyak pengunjung yang bermain air, karena kalau lengah, bahaya," katanya.

Dia mengatakan, kondisi gelombang pantai selatan Bantul mulai dari Pantai Samas di sisi timur, hingga Pantai Baru di sisi barat, dalam kondisi normal ketinggian gelombang rata-rata berkisar satu sampai dua meter.

"Kenaikan atau ketinggian gelombang pantai beberapa hari terakhir ada peningkatan dari normal, bisa tiga sampai empat meter, kalau normalnya satu sampai dua meter," katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PPDB Jawa Tengah Tahun Ajaran 2022/2023 Segera Berakhir

News
| Kamis, 07 Juli 2022, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Girls, Ini Tips Solo Travelling untuk Anda

Wisata
| Selasa, 05 Juli 2022, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement