Advertisement

Saatnya SMK Koperasi Jogja Bangkit dan Berprestasi

Sirojul Khafid
Kamis, 26 Mei 2022 - 14:37 WIB
Budi Cahyana
Saatnya SMK Koperasi Jogja Bangkit dan Berprestasi Triana Purnamawati (tengah) dan Edy Susanto (ketiga dari kanan) dalam pembukaan Gelar Talenta dan Karya Vokasi di SMK Koperasi Jogja, Umbulharjo, Jogja, Senin (23/5/2022). - Istimewa/SMK Koperasi Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Koperasi Jogja mengadakan Gelar Talenta dan Karya Vokasi tahun 2022. Gelar karya merupakan tindak lanjut dari tugas akhir tiap peserta didik. Acara ini berlangsung 23-25 Mei 2022.

Siswa kelas III Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran membuat proposal usaha sampai membuka stan makanan. Sementara Jurusan Desain Komunikasi Visual memamerkan karyanya, baik berupa lukisan, desain, atau lainnya. Jurusan Akuntansi dan Lembaga Keuangan menjadi pendukung pada kedua jurusan tersebut.

Advertisement

Kepala SMK Koperasi Jogja, Edy Susanto, mengatakan, karya atau stan pada bazar telah melalui proses ujian dari penguji internal maupun eksternal sekolah. Dari eksternal sekolah merupakan orang yang berkompeten dalam jurusan terkait.

"Tema kali ini Bangkit dan Berprestasi. Hal ini baik untuk yang masih sekolah atau yang sudah lulus, harus tanamkan itu. Apalagi sekarang mulai ada kebijakan relaksasi kegiatan, sehingga geliat ekonomi dan sosial mulai bangkit, namun tetap utamakan protokol kesehatan," kata Edy, Rabu (25/5/2022).

Gelaran ini juga sebagai latihan peserta didik menjelang dunia kerja. Terlebih dengan adanya pandemi Covid-19, beberapa kegiatan seperti pembelajaran, praktik, dan lainnya sempat tidak maksimal. Lantaran pandemi pula, agenda tahunan ini sempat terhenti beberapa kali sebelumnya.

Momentum baik dengan melandainya kasus Covid-19 perlu direspons dengan tepat, agar sekolah kembali bangkit dan berprestasi. Kelas 10 dan 11 juga kami libatkan. Agar mereka punya gambaran terkait proses kelulusan. Sementara untuk gelar talenta, semua kelas wajib berpartisipasi, sesuai bakat dan minatnya masing-masing.

“Kami berharap peserta didik ke depan terus belajar, sepanjang hayat, untuk peningkatan personalitas, karakter pribadi, kemampuan, dan lainnya. Harus diasah terus, bahkan meski sudah lulus dari SMK Koperasi Jogja dan berada di tengah masyarakat. Justru kadang pelajaran penting kehidupan ada di masyarakat,” katanya.

Kepala Balai Pendidikan Menengah Kota Jogja, Triana Purnamawati, mengatakan kelas XII SMK perlu mempersiapkan rencana ke depannya. “Lulusan SMK harus punya orientasi yang jelas. Bekerja, melanjutkan studi, atau wirausaha,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penetapan Pilpres oleh KPU, Gibran: Nanti Ada Beberapa Pertemuan

News
| Selasa, 23 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement