Advertisement

Jogja Manfaatkan Tamu Pemerintahan untuk Pertumbuhan Ekonomi

Sunartono
Kamis, 26 Mei 2022 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Jogja Manfaatkan Tamu Pemerintahan untuk Pertumbuhan Ekonomi Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. - IST

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY membuka kesempatan tamu di kalangan pemerintahan yang ingin berkunjung ke DIY. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Kepala Bappeda DIY Beny Suharsono menjelaskan seiring sektor kesehatan mulai tertangani dengan adanya penurunan kasus Covid-19, maka semua program saat ini diarahkan untuk pemulihan ekonomi.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Salah satu hal kecil yang didorong adalah upaya mendatangkan tamu ke DIY. Karena keberadaan tamu dari luar yang masuk ini stimulus pertumbuhan ekonominya sangat terlihat. Karena dengan adanya kunjungan, maka hotel akan terisi dan meningkatkan kebutuhan makan serta minum.

"Pekan ini cukup banyak tamu dari pemerintahan yang datang kami layani semua. Snack kami siapkan untuk menjamu, karena kami yakin mereka akan belanja lebih banyak di Jogja," katanya, Kamis (26/5/2022).

Beny menyatakan Pemda DIY sangat membuka luas bagi kunjungan dari berbagai daerah yang ingin studi banding dan sejenisnya. Bahkan ia dalam beberapa kesempatan menyarankan kepada rombongan agar membawa banyak orang. Karena untuk saat ini belum memungkinkan DIY untuk mengandalkan turis asing.

BACA JUGA: Targetkan 3,2 Juta Wisatawan, Begini Jurus Pemkab Bantul 

"Karena perekonomian kita [DIY] ini kan ditopang oleh industri olahan. Sehingga kami kalau ada tamu benar-benar kami layani, seperti kemarin ada kunjungan [di Kepatihan] sampai 50 orang satu rombongan, ini efeknya luar biasa. Mereka menginap di Jogja, makan dan minum di sini, dan baliknya pasti beli oleh-oleh," ucapnya.

Sejalan dengan upaya itu, DIY menggenjot dukungan untuk pelaku UMKM mulai dari dukungan teknologi informasi untuk pemasaran hingga kemudahan akses permodalan serta perizinan. Hal itu dilakukan pada OPD perdagangan, Koperasi UMKM serta pariwisata.

Beny mengaku optimistis pada kuartal kedua 2022 ini perekonomian DIY akan segera tumbuh. Seiring dengan mulai dibukanya kampus dan pelaksanaan lelang fisik pemerintahan.

"Maka ayo dipromosikan mari belajar dan kuliah di Jogja, biar mahasiswa ini makin banyak yang datang seperti dulu lagi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awal Tahun 2023, DPRD Kabupaten Magelang Setujui 3 Raperda

News
| Kamis, 02 Februari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement