Advertisement

B20 Momentum Pengusaha DIY Jalin Relasi dengan Pihak Luar

Herlambang Jati Kusumo
Minggu, 29 Mei 2022 - 20:17 WIB
Budi Cahyana
B20 Momentum Pengusaha DIY Jalin Relasi dengan Pihak Luar Ketua Kadin DIY, GKR Mangkubumi (tiga kiri) menyerahkan bantuan saat Syawalan Kadin DIY, di Jogja Expo Center, Jumat (27/5/2022). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gelaran internasional G20 dan B20 harus bisa dimanfaatkan para pengusaha menjalin relasi, dan mendukung pemulihan ekonomi. Para pelaku usaha didorong untuk mulai bersiap, agar tidak hanya menjadi penonton.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY R. Kadarmanta Baskara Aji mengatakan selama ini mata internasional masih banyak tertuju pada Bali dan Jakarta. Pada gelaran G20 dan B20 memberi kesempatan Jogja untuk unjuk gigi. “Utamanya B20, pelaku usaha harus bisa memanfaatkan sebaik-baiknya. Ini menjadi peluang bisnis yang sangat baik,” ucap Aji, saat Syawalan Kadin DIY, di Jogja Expo Center, Jumat (27/5).

Aji mengungkapkan pengendalian pandemi Covid-19 saat ini berlangsung baik, termasuk pergerakan ekonomi. Dia berharap kondisi ini juga mendukung pemulihan ekonomi. Ia mengajak mitra pemerintah, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY untuk bersinergi, memajukan kesejahteraan masyarakat DIY.

Ketua Kadin DIY GKR Mangkubumi mendorong para pengusaha turut menyukseskan gelaran B20. “Jangan sampai mereka datang, kita tidak siap. Harus siap sinergi, ini kesempatan yang baik. Jogja banyak umkm sudah sampaikan, menjadi kesempatan,” ucap GKR Mangkubumi.

GKR Mangkubumi mengajak para pengusaha untuk dapat berkelompok, bekerja sama, membentuk kolaborasi. Menurutnya, saat ini menjadi momen yang tepat pasca dampak pandemi yang besar, untuk kembali mengatur bisnis.

“Harus inovasi juga, kolaborasi, tidak bisa sendiri-sendiri. Kolaborasi akan lebih baik. Kadin DIY tugasnya menarik mereka datang ke Jogja, untuk mendukung menumbuhkan ekonomi, membangun sinergi usaha,” ucapnya.

Menurut GKR Mangkubumi, sebagian pengusaha sudah bersiap. Sebagian perusahaan sudah mencari partner internasional. Dia juga mengajak, pelaku usaha yang lain untuk bersiap, dan merambah pasar internasional.

“Kesiapan sudah di depan mata. Mari digandeng mereka yang datang, diajak melihat usaha. Memang perlu belajar prosedur, pelatihan, meng-upgrade diri itu penting. Mumpung ada waktu, segera,” ujarnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Top 7 News Harianjogja.com 2 Juli 2022

Top 7 News Harianjogja.com 2 Juli 2022

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kena Covid, Korea Utara Salahkan Balon Udara dari Korea Selatan

News
| Sabtu, 02 Juli 2022, 16:27 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement