Advertisement

Jogja Jadi Tuan Rumah Puncak Ajang Balap Sepeda Il Festino Indonesia

Newswire
Kamis, 02 Juni 2022 - 15:07 WIB
Bhekti Suryani
Jogja Jadi Tuan Rumah Puncak Ajang Balap Sepeda Il Festino Indonesia Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jogja bakal menjadi tuan rumah dari puncak rangkaian ajang balap sepeda internasional Il Festino Indonesia pada 25 September 2022.

Technical Team Il Festino Indonesia, Raditya Pram, dalam keterangan tertulis, Kamis (2/5/2022), mengatakan pemilihan Jogja sebagai lokasi gelaran tersebut karena memiliki kondisi jalan yang mulus dan kontur elevasi beragam.

Advertisement

"Il Festino Indonesia hadir sebagai event balap amatir dengan tujuan memberikan tantangan baru balap sepeda amatir di Indonesia, dengan aturan yang diadaptasi dari aturan internasional," kata Raditya.

Dalam pelaksanaannya, Il Festino Indonesia di Jogja akan dibagi menjadi dua kategori yakni Grand Fondo dengan jarak tempuh 130 km dan Medio Fondo dengan jarak tempuh 80 km.

BACA JUGA: Kembali Gelar Lomba Tahun Ini, Black Hawk Undang Peserta dari Luar DIY

Sepanjang perjalanan, peserta akan disuguhi rute menantang yang dipadukan dengan pemandangan eksotis khas Kota Gudeg. Total elevasi yang ditempuh oleh peserta kurang lebih mencapai 1400m.

Balapan di Yogyakarta ini akan menjadi puncak dari rangkaian Il Festino Indonesia, festival jangka panjang yang akan diselenggarakan dalam durasi 5 bulan di berbagai daerah di Indonesia seperti Toba, Bandung, dan Jakarta.

Ajang ini juga mendapat dukungan hampir seluruh stakeholder dan ekosistem sepeda ternama di Tanah Air. Selain itu juga bekerja sama dengan masyarakat dan komunitas sepeda lokal di Yogyakarta untuk menjadi partner penyedia makanan dan minuman di setiap check point yang dilalui oleh para peserta.

Sejak pendaftaran dibuka, 30 Mei hingga hari ini, sudah ada 400 peserta yang mendaftar.

Peserta Il Festino Indonesia bakal memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah dan winner jersey, Maglia Rossa untuk kategori umum.

Lalu, Maglia Ciclamino untuk kategori Sprint dan Maglia Azzura untuk King/Queen of Mountain dan Maglia Bianca Jersey untuk usia peserta di bawah 23 tahun (Young Riders).

"Selain bekerja sama dengan masyarakat lokal di setiap check point, di Race Central sendiri akan bekerja sama dengan dinas pariwisata daerah, dinas perdagangan, dan juga dinas terkait lainnya untuk dapat menggelar UMKM dan kuliner dari Provinsi Yogyakarta,” kata Raditya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anggaran Pupuk Bersubsidi Sentuh Rp54 Triliun, Mentan: Awasi Distribusinya

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement