Advertisement

DIY PPKM Level 1, Event Wisata Boleh Full

Sunartono
Selasa, 07 Juni 2022 - 15:07 WIB
Budi Cahyana
DIY PPKM Level 1, Event Wisata Boleh Full Fashion Show Ethnic Culture di Rama Shinta Garden Resto, Candi Prambanan, Selasa (17/5/2022) malam.Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAPemda DIY memastikan event wisata boleh full alias berkapasitas hingga 100% seiring ditetapkannya status DIY level 1 PPKM. Selain itu kegiatan yang menimbulkan kerumunan tidak lagi menggunakan rekomendasi Satgas Covid-19.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menjelaskan dengan status DIY level 1 ini aktivitas pariwisata sudah bisa 100%. Mulai dari sport tourism hingga event musik sudah bisa digelar dengan kapasitas 100%.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA: Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Singgih sudah bertemu dengan pekerja event musik bahwa terkait perizinan tidak perlu lagi menggunakan rekomendasi dari Satgas Covid-19. Sehingga perizinan kegiatan tersebut cukup hanya dengan izin keramaian dari kepolisian. Ia sudah berkoordinasi dengan kepolisian terkait kemungkinan diberikan kemudahan untuk izin event sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Kemarin dari kepolisian juga sudah menyampaikan standar untuk perizinan bisa dilakukan seperti sebelum pandemi. Misalnya event internasional pemberitahuannya jauh lebih lama dibandingkan nasional tetapi prinsipnya kepolisian tentu akan membantu dalam hal ini karena dengan ini harapannya ekonomi semakin membaik," katanya usai menghadiri rapat di Kompleks Kepatihan, Selasa (7/6/2022).

Singgih menambahkan sektor pendukung destinasi wisata seperti hotel dan restoran juga sepenuhnya sudah boleh 100%. Hal ini tentu menjadi kabar baik terkait keberadaan kafe maupun resto yang berada di kawasan wisata.

Dinas Pariwisata DIY mengimbau ke wisatawan, pengelola wisata maupun usaha wisata tetap memperhatikan protokol kesehatan. Ia meminta sejumlah fasilitas prokes seperti tempat cuci tangan tetap dipertahankan.

"Termasuk ketika berkerumun di ruang terbuka ya baiknya tetap harus menggunakan masker. Seperti cuci tangan itu kan pola hidup bersih, sehingga baiknya dipertahankan," katanya.

BACA JUGA: Haryadi Suyuti Ditangkap KPK, Sultan: Saya Yakin Bukti Lain akan Terungkap

Adapun event wisata yang bakal digelar dalam waktu dekat ini adalah Simphony Orchestra yang akan digelar pada 26 Juni 2022. Kegiatan hiburan ini digelar di Benteng Vredeburg dengan kapasitas pengunjung sekitar 500 orang. Selain itu pada 27 Juni 2022 juga digelar di Violin Festival Tebing Breksi dengan kapasitas antara 500 hingga 1.000 orang.

"Yang agak besar itu sport tourism yaitu Tour De Ambarrukmo pada 20 Agustus, kemudian pada 14 Agustus itu Mandiri Marathon di Prambanan peserta sekitar 5.000 orang. Jadi event sudah mulai tentu akan menggeliatkan pariwisata dan ekonomi kreatif," ucapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penahanan Ferdy Sambo dkk Diperpanjang 30 Hari

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Wah...Kini Ada Wisata Pasar Kuliner Minggu Pagi di Pakuningratan Jogja

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement