Advertisement

Polsek Pajangan Gelar Vaksinasi Berhadiah Peralatan Masak Hingga Menginap di Hotel

Ujang Hasanudin
Senin, 13 Juni 2022 - 12:47 WIB
Budi Cahyana
Polsek Pajangan Gelar Vaksinasi Berhadiah Peralatan Masak Hingga Menginap di Hotel Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Bantul, Joko Budi Purnomo (kedua dari kiri) saat membacakan undian hadiah di acara vaksinasi massal yang digelar di Polsek Pajangan, Bantul, Senin (13/6/2022). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul terus berupaya meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19 untuk mencegah penyebaran Covid-19, apalagi subvarian Omicron BA4 dan BA5 sudah masuk Indonesia. Salah satu yang dilakukan Pemkab Bantul adalah bekerja sama dengan Polri dalam menggelar vaksinasi massal di Polsek Pajangan.  

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Bantul, Joko Budi Purnomo, mengatakan capaian vaksinasi di Bantul masih cukup rendah, terutama untuk vaksinasi dosis ketiga atau booster. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Bantul capaian vaksinasi booster per Minggu (12/6/2022) baru mencapai 162.261 orang dari sasaran 752.225 orang atau 21,57%.

Sementara, capaian dosis pertama 789.946 orang dari total sasaran 899.352 orang atau 87,84% dan capaian dosis kedua 758.082 orang dari total sasaran 899.352 orang atau 84,29%. Pemkab mendorong agar semua stakeholder untuk bisa ikut membantu menggenjot vaksinasi, seperti yang dilakukan Polsek Pajangan.

“Meski jumlah kasus Covid-19 di Bantul kini masuk kategori rendah. Vaksinasi maupun penerapan protokol kesehatan tetap harus dilakukan. Sehingga harapannya tidak ada lagi peningkatan kasus dan status pandemi di Bantul bisa berganti menjadi endemi,” kata Joko, saat meninjau vaksinasi yang digelar di Polsek Pajangan, Senin (13/6).

Joko juga mengapresiasi kegiatan vaksinasi yang dilakukan Polsek Pajangan dengan cara memberikan undian hadiah kepada warga yang akan divaksin berupa peralatan ratusan peralatan masak, sepeda gunung, hingga voucher menginap di hotel berbintang.

“Ini pesertanya juga membeludak, ya salah satunya karena hadiah kejutan yang diberikan sangat menarik sehingga warga berbondong-bondong mengikuti vaksinasi terutama vaksin booster. Ini juga bisa meningkatkan persentase capain vaksinasi booster yang terbilang masih rendah di Bantul,” ujar Joko.

Kapolsek Pajangan, AKP Titik Esti Handayani, mengatakan untuk menarik minat warga mengikuti vaksin, kepolisian sengaja menyediakan berbagai hadiah bagi peserta vaksin mulai dari ratusan alat rumah tangga, sembako, voucher menginap di hotel bintang empat hingga sepeda gunung.

Polsek Pajangan menyediakan hadiah untuk menarik minat warga mengikuti vaksinasi, karena vaksinasi di Bantul masih cukup rendah, terutama vaksin booster, “Hari ini ada 500 peserta vaksinasi dan terbanyak adalah peserta vaksinasi booster,” katanya.

Menurut Titik, vaksinasi yang berlangsung di Polsek Pajangan ini juga bagian dari Hari Ulang Tahun (HUT) Polri ke-76 dan juga upaya agar meningkatkan imunitas masyarakat di tengah kasus Covid-19 yang kini trennya kembali meningkat, “Dengan booster diharapkan masyarakat tidak gampang terpapar Covid-19 karena imunitasnya meningkat,” ujar Titik. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Puluhan Warga Wadas dan Kaliwader Kompak Berangkat Umrah

News
| Selasa, 09 Agustus 2022, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Dulu Dipenuhi Perdu Liar, Kini Pantai Goa Cemara Jadi Primadona Baru Wisata di Bantul

Wisata
| Senin, 08 Agustus 2022, 15:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement