Advertisement

Pandemi Mereda, Mahasiswa Teknik Industri UII Diajak Keliling Eropa

Sunartono
Rabu, 15 Juni 2022 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pandemi Mereda, Mahasiswa Teknik Industri UII Diajak Keliling Eropa Sejumlah dosen dan mahasiswa Teknik Industri, FTI UII memaparkan hasil kegiatan internasional. - Ist/uii.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kegiatan mahasiswa internasional nyaris terkendala selama pandemi Covid-19 yang terjadi selama dua tahun terakhir. Saat pandemi mulai mereda pada triwulan kedua di 2022 ini kampus pun terus menggenjot kegiatan internasional yang melibatkan mahasiswa dan dosen.

Salah satu kampus yang menggeber kegiatan internasional adalah Universitas Islam Indonesia (UII) terutama pada prodi Teknik Industri. Sekretaris Jurusan Teknik Industri FTI UII Ragil Suryoputro mengakui selama pandemi, program internasional sempat terkendala karena perkuliahan digelar secara online demi mengurangi mobilitas.

Kunjungan tatap muka memang sempat digelar namun dengan jumlah sangat terbatas. Oleh karena itu dengan kondisi kasus Covid-19 mulai mereda saat ini, kampusnya berusaha menggelar banyak kegiatan internasional melibatkan mahasiswa.

"Program Internasional Teknik Industri UII mulai menyelenggarakan Educational Visit 2022 ke beberapa industri dan institusi pendidikan di berbagai negara di Eropa Barat dari Prancis, Belgia, Belanda, Austria dan Jerman," katanya Rabu (15/6/2022).

Baca juga: UII Bakal Buka Kampus Baru, Kota Ini Jadi Calon Lokasinya

Ia mengatakan kegiatan keliling Eropa itu digelar selama 10 hari dengan menyasar lima negara sekaligus karena kebetulan saling terkait. Ragil berharap mulai menggeliatnya aktivitas mahasiswa internasional menjadi angin segar bagi dunia pendidikan di lingkungan perguruan tinggi. "Karena selama pandemi kegiatan internasional semua digelar secara online," ujarnya.

Sekretaris Prodi Teknik Industri Program Internasional Ira Promasanti Rachmadewi menambahkan mobilitas internasional itu memberikan pengalaman positif bagi mahasiswa. Di Austria misalnya, mahasiswanya mempresentasikan start up buatan sendiri di hadapan kalangan industri, akademisi Innsbruck University dan pengusaha di negara tersebut. Kemudian mendapatkan berbagai masukan dari pakar untuk pengembangan start up ke depan. Selain itu mahasiswa diajak mengunjungi berbagai lokasi cagar alam and budaya di Paris, Belgia, Belanda, Austria dan Jerman.

"Tentu ini mendukung kemampuan komunikasi dan meningkatkan kepercayaan diri menuangkan dan merealisasikan ide inovasi untuk dapat bersaing secara global," katanya.

Salah satu mahasiswa Teknik Industri UII Gibran mengatakan melalui kegiatan secara langsung ia mendapatkan pengalaman pengembangan start up di negara lain. Beberapa negara yang dikunjungi sudah menggunakan teknologi yang meminimalisasi tangan manusia. "Kalau saya lihat sangat minim menggunakan tangan lebih banyak secara otomatis, ini yang menurut saya menarik untuk diterapkan," katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tragedi Stadion Kanjuruhan, Airlangga Sampaikan Duka Mendalam

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 14:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement