Advertisement

Ada Layanan Pasar Kemis di Kecamatan Keraton Jogja, Ini yang Ditawarkan

Yosef Leon
Rabu, 15 Juni 2022 - 21:07 WIB
Bhekti Suryani
Ada Layanan Pasar Kemis di Kecamatan Keraton Jogja, Ini yang Ditawarkan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pemerintah Kemantren Keraton, Kota Jogja mengeluarkan inovasi pelayanan di bidang perizinan daring lewat Layanan Pasar Kemis Kemantren Keraton (Lapis Keraton). Inovasi ini diharapkan mampu memberikan kemudahan dalam proses pengajuan perizinan daring bagi masyarakat.

Mantri Kemantren Keraton, Sumargandi mengatakan, Lapis Keraton secara rutin diadakan setiap hari Kamis dengan delapan pelayanan yang disediakan oleh pihaknya. Inovasi ini diharapkan memberikan peningkatan perekonomian dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Advertisement

Dijelaskan, inovasi ini bekerja sama dengan Universitas Aisyiyah Jogja, Puskesmas Keraton, Samsat Kota Jogja, serta Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dan Bank Jogja. "Layanan ini di launching sejak tanggal 15 Maret 2022 yang lalu. Layanan ini semua gratis dan hanya ada di setiap hari Kamis," ujarnya.

BACA JUGA: Penggunaan Gas Bumi lewat Jaringan Pipa Diperluas di Jogja, Ini Keunggulannya

Adapun delapan jenis layanan yang ada di Lapis Keraton yakni Penanganan Permasalahan Kesehatan Jiwa, Cek Kesehatan, Pendampingan Manajemen Bisnis UMKM, Pendampingan Perizinan Online Bangunan Pendampingan Perizinan OSS (Online Single Submission), Konsultasi dan Pembayaran PBB-P2 (Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan).

Selain itu, juga terdapat pelayanan tentang Pendampingan Perizinan Daring Bangunan Gedung, Layanan Bank Jogja, serta Layanan Gojak (Go Pajak Kendaraan Bermotor).

Sumargandi menambahkan, khusus untuk pelayanan Penanganan Permasalahan Kesehatan Jiwa harus melalui pendaftaran terlebih dahulu melalui WhatsApp Hotline Kemantren Kraton 081325113261 dengan format mengirimkan nama, alamat dan Nomor HP. Pendaftaran paling lambat hari Rabu tiap minggunya sebelum pukul 12.00 WIB.

Ia berharap, kegiatan ini dapat mempermudah perizinan di masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ''Semoga ke depannya terus berkembang untuk membantu semua pertanyaan dan menjawab permasalahan di masyarakat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement