Advertisement

Program Sahabat Wash PMI Ditutup, UKS & MCK Diserahkan

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 22 Juni 2022 - 05:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Program Sahabat Wash PMI Ditutup, UKS & MCK Diserahkan Ilustrasi Palang Merah Indonesia - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, Ketua Palang Merah Indonesia DIY GBPH. H. Prabukusumo, S.Psi, dan pihak PT Indomarco Prismatama menutup Program Sekolah Sehat, Aman, dan Hebat (SAHABAT WASH PMI), Selasa (21/6/2022). Acara ini dilakukan sekaligus dengan serah terima sarana Unit Kesehatan Sekolah (UKS), MCK (Mandi-Cuci-Kakus) serta penyerahan secara simbolis bantuan donasi pelanggan Indomaret di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, Gedongan, Sumberagung, Moyudan, Sleman.

“Program Sekolah Sehat, Aman, dan Hebat [SAHABAT WASH PMI] dukungan Donasi Pelanggan Indomaret ini dilaksanakan di 10 PMI Kabupaten dan Kota di Indonesia, dua di antaranya adalah PMI Kabupaten Sleman bertempat di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan dan PMI Kota Jogja bertempat di SD Negeri Baciro," tutur Gusti Prabu dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa.

Advertisement

Program Sahabat Wash PMI merupakan program sekolah dengan durasi waktu lima bulan dengan fokus utama pada upaya penyediaan fasilitas air, sarana prasarana kesehatan dan sanitasi, serta edukasi kebersihan diri dan lingkungan bagi sekolah. Penyediaan fasilitas air, sarana prasarana kesehatan dan sanitasi berupa menara air dan fasilitas cuci tangan komunal, tandon air pompa, pemipaan, wastafel, tempat sampah, toilet, penyediaan fasilitas titik evakuasi bencana, Unit Kesehatan Sekolah, dan Unit Palang Merah Remaja (PMR).

Selain penyediaan sarana fisik, kegiatan juga menyasar pada edukasi perilaku hidup bersih dan sehat seperti cuci tangan pakai sabun dan menggosok gigi. Sementara untuk sekolah bersih lingkungan sehat berupa edukasi kebersihan lingkungan sekolah tanpa sampah serta kampanye 3 M di sekolah. Sedangkan sekolah aman siswa hebat berupa edukasi sekolah aman tangguh bencana.

“Kami berterima kasih dan mengapresiasi sumbangan yang diberikan oleh pelanggan Indomaret kepada masyarakat melalui PMI DIY. Hal ini merupakan bukti kepedulian masyarakat kepada sesama. PMI akan mengelola bantuan ini dengan akuntabel sesuai tujuan program. Program yang menyasar pada siswa sekolah sangat strategis untuk menyiapkan sejak dini dalam perilaku hidup bersih dan sehat, peduli lingkungan, serta kesiapsiagaan bencana," pungkas Gusti Prabu.

Untuk membangun semangat persaudaraan serta kepedulian terhadap kemanusiaan, PMI membutuhkan jejaring yang luas, di antaranya dengan mengajak insan pers baik media cetak maupun elektronik untuk berperan serta mendiseminasikan dan mewartakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang dilakukan PMI. Mari bersama menebar senyum untuk sesama dengan tiada henti berkarya untuk kemanusiaan. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

UU DKJ Disahkan, Sebentar Lagi Jakarta Bakal Melepas Status Ibu Kota

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement