Advertisement

Viral Pameran UMKM di JEC Sepi, Warganet Soroti Cara Promosinya

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 22 Juni 2022 - 10:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Viral Pameran UMKM di JEC Sepi, Warganet Soroti Cara Promosinya Tangkapan layar suasana pameran di JEC yang sepi pengunjung - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Sebuah video yang menunjukkan suasana pameran di Jogja Expo Center (JEC) viral di media sosial. Viralnya bukan karena pameran itu laris manis, tetapi justru sebaliknya, video itu viral karena pamerannya sepi pengunjung.

Video tersebut bersumber dari akun TikTok @dhitssa. Dalam video, pemilik akun awalnya menyapa warga Jogja sebelum ia menceritakan isi hatinya seputar pameran sepi itu. "hi Tiktok khususnya yang di Jogja, mau cerita deh," tulisnya dengan menyertakan emoji sedih, dikutip Harianjogja.com, Rabu (22/6/2022).

Ia menceritakan bahwa dirinya yang diduga adalah pihak penyelenggara pameran itu sedang sedih. Awalnya ia dan tim membuat acara bertajuk "Bangkit & Bergerak Bersama UMKM" di JEC. Tujuannya untuk membantu para UMKM di Jogja bangkit setelah diterpa pandemi Covid-19.

Namun persiapan yang dilakukan itu sepertinya tidak membuahkan hasil. "Kita udah berusaha semaksimal mungkin, tapi ga tau kenapa malah sepi dari kemarin," tulis akun itu.

Sebagai pihak penyelenggara, rasa tidak enak hati pun muncul. "Gue kasihan dan ga enak banget sama orang-orang yang jualan karena sudah berharap jualannya laku karena ikut acara ini," lanjutnya.

Dalam video juga hanya terlihat aktivitas pedagang yang hanya duduk-duduk di standnya tanpa ada aktivitas jual beli dengan pengunjung.

"Yuk temen-temen Tiktok yang di Jogja bantuin kita, ajak keluarga, teman atau pasangan kalian buat ke sini. Ada banyak bazar, ada kuliner juga, ada tarot juga," ajak akun tersebut.

Event pameran itu akan digelar sampai 26 Juni.

Advertisement

Akun Instagram @merapi_uncover juga mengunggah ulang video tersebut berharap bisa membantu mendatangkan pengunjung di pameran itu. "Instagram please do your magic ???? baru bisa bantu share ya kak semoga besok rame ????," tulis @merapi_uncover.

Unggahan itu menuai banyak respons warganet. Banyak di antara mereka yang menyinggung soal promosi yang kurang. Berikut ini tanggapan-tanggapan warganet di kolom komentar:

"Mungkin promosi di medsos kurang, dan pelaksanaanya di pertengah bulan. Coba eventnya pas awal bulan (setelah pada gajian) mungkin rame..".

Advertisement

"Promonya kurang terdengar mungkin. Aku di Yogya tp gak tau ada acara ini..".

"Promonya mungkin kurang + belum musim libur sekolah ( btw sudah musim libur nggak sih? )".

Namun banyak pula akun-akun yang mengajak masyarakat untuk menyaksikan pameran di JEC dan membeli produk UMKM.

"Ayo sahabat2 bantu UMKM negara kita supaya bisa pulih kmu membeli satu saja sudah membantu mereka, ayo bangkit UMKM negara ini butuh anak2 yg mencintai negara ini, membeli prodak lokal sama dgn belanegara❤️❤️❤️❤️❤️???????????????????????????? INDONESIA @tiktokofficialindonesia @instagram @instagramforbusiness @sahabat_umkm @kemenparekraf.ri".

Advertisement

"@humasjogja @poldajogja @kratonjogja bantu di up biar ramai... ini demi membantu UMKM lho..."

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Erick Thohir: Rasio Utang BUMN Turun Jadi 35 Persen

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 04:47 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement