Advertisement

Trans Jogja Direncanakan Beroperasi hingga ke Bantul

Sunartono
Jum'at, 24 Juni 2022 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Trans Jogja Direncanakan Beroperasi hingga ke Bantul Bus TransJogja melewati Jalan Malioboro saat diberlakukan uji coba manajemen rekayasa lalu lintas dalam mendukung upaya pedestrianisasi Malioboro, Jogja, Selasa (3/11/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Dinas Perhubungan DIY berencana mengembangkan angkutan perkotaan ke wilayah selatan DIY. Salah satu alternatif yang akan dilakukan dengan melakukan pemindahan satu jalur kawasan utara sebagai uji coba. Saat ini sedang dilakukan kajian dan diharapkan pada 2023 mendatang dapat beroperasi.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti menjelaskan saat ini sedang berupaya mengembangkan angkutan perkotaan ke wilayah selatan dalam hal ini Bantul. Karena untuk wilayah Utara sudah ada layanan gratis tiga jalur melalui Teman Bus bantuan dari Kemenhub. Ketiga jalur tersebut adalah Ngabean-Godean, Condongcatur-Pakem dan Adisutjipto-Pakem dengan jumlah 44 unit bus.

Advertisement

"Agar tidak fokus pada utara saja, layanan transportasi ini kami akan kembangkan ke wilayah selatan," katanya di sela-sela audiensi dengan Tim Pemasaran Harianjogja.com, Jumat (24/6/2022).

BACA JUGA: KPK: Saksi Ungkap Haryadi Suyuti Mengarahkan Penerbitan Izin Apartemen Royal Kedhaton

Meski demikian untuk memulainya Dishub DIY akan melakukan kajian dan studi kelayakan terkait pembukaan rute baru ke arah selatan DIY. Terutama melihat potensi calon pengguna yang akan memanfaatkan layanan transportasi ini. Salah satu rencana rute ke selatan diwacanakan sampai di kawasan Palbapang, Bantul.

Jalur ini dinilai cukup potensial, karena dapat menghubungkan antara Kota Jogja menuju YIA. Mengingat sampai saat ini Trans Jogja belum bisa membuat rute sampai ke YIA karena sudah di luar perkotaan. Harapannya masyarakat yang menggunakan dari Palbapang kemudian ada angkutan lagi menuju Kulonprogo atau YIA.

"Tetapi kami harus lakukan kajian lebih dahulu. Jalur selatan ini juga bisa dimanfaatkan anak sekolah sehingga memudahkan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 7 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement