Advertisement

Trans Jogja Direncanakan Beroperasi hingga ke Bantul

Sunartono
Jum'at, 24 Juni 2022 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Trans Jogja Direncanakan Beroperasi hingga ke Bantul Bus TransJogja melewati Jalan Malioboro saat diberlakukan uji coba manajemen rekayasa lalu lintas dalam mendukung upaya pedestrianisasi Malioboro, Jogja, Selasa (3/11/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Dinas Perhubungan DIY berencana mengembangkan angkutan perkotaan ke wilayah selatan DIY. Salah satu alternatif yang akan dilakukan dengan melakukan pemindahan satu jalur kawasan utara sebagai uji coba. Saat ini sedang dilakukan kajian dan diharapkan pada 2023 mendatang dapat beroperasi.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti menjelaskan saat ini sedang berupaya mengembangkan angkutan perkotaan ke wilayah selatan dalam hal ini Bantul. Karena untuk wilayah Utara sudah ada layanan gratis tiga jalur melalui Teman Bus bantuan dari Kemenhub. Ketiga jalur tersebut adalah Ngabean-Godean, Condongcatur-Pakem dan Adisutjipto-Pakem dengan jumlah 44 unit bus.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Agar tidak fokus pada utara saja, layanan transportasi ini kami akan kembangkan ke wilayah selatan," katanya di sela-sela audiensi dengan Tim Pemasaran Harianjogja.com, Jumat (24/6/2022).

BACA JUGA: KPK: Saksi Ungkap Haryadi Suyuti Mengarahkan Penerbitan Izin Apartemen Royal Kedhaton

Meski demikian untuk memulainya Dishub DIY akan melakukan kajian dan studi kelayakan terkait pembukaan rute baru ke arah selatan DIY. Terutama melihat potensi calon pengguna yang akan memanfaatkan layanan transportasi ini. Salah satu rencana rute ke selatan diwacanakan sampai di kawasan Palbapang, Bantul.

Jalur ini dinilai cukup potensial, karena dapat menghubungkan antara Kota Jogja menuju YIA. Mengingat sampai saat ini Trans Jogja belum bisa membuat rute sampai ke YIA karena sudah di luar perkotaan. Harapannya masyarakat yang menggunakan dari Palbapang kemudian ada angkutan lagi menuju Kulonprogo atau YIA.

"Tetapi kami harus lakukan kajian lebih dahulu. Jalur selatan ini juga bisa dimanfaatkan anak sekolah sehingga memudahkan," ujarnya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca DIY: Siang dan Malam Berawan

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement