Advertisement

Trans Jogja Diminta Masuk Kulonprogo, Ini Alasannya

Anisatul Umah
Minggu, 05 Juni 2022 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Trans Jogja Diminta Masuk Kulonprogo, Ini Alasannya Foto ilustrasi bus Trans Jogja. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Armada bus yang mengangkut penumpang dari Jogja ke Kulonprogo semakin terbatas. Oleh karena itu Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo Lucius Bowo Pristyanto berharap agar layanan bus Trans Jogja bisa menjangkau Kulonprogo.

Bowo menyebut apabila Trans Jogja menjangkau Kulonprogo, maka bisa menjadi solusi di tengah penurunan jumlah armada angkutan umum, tak terkecuali angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP) yang melintas dari Jogja ke Kulonprogo.

"Jadi saya kira bisa juga Trans Jogja itu kalau enggak sampai ke ujung Barat Temon, ya sampai Terminal Wates. Ini  sih memang menjadi kewenangan Dishub [Dinas Perhubungan] DIY," kata dia kepada Harian Jogja, Minggu (5/6/2022).

BACA JUGA: Duh..Capaian Vaksinasi Booster Covid-19 di Kulonprogo Baru Segini

Dalam mengambil kebijakan terkait dengan hal ini, kata dia, memang perlu survei secara teknis. Permintaan layanan Trans Jogja sampai ke Kulonprogo sejauh ini belum ia sampaikan secara resmi, tetapi sebatas dalam forum-forum informal.

"Back up semakin berkurangnya AKDP kami yang Jogja-Wates, semakin turun jumlah armadanya," ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, keberadaan Yogyakarta International Airport (YIA) akan menjadi salah satu faktor di dalam konteks angkutan. Akan menjadi variabel penting yang berpengaruh di darat.

"Akan banyak sekali nanti. Tol akan berpengaruh juga. Kemudian sekarang KA Bandara juga operasi. Variabelnya banyak yang harus diintip untuk mengambil kebijakan Trans Jogja," paparnya.

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Kasi Pengelolaan Terminal di Balai Pengelolaan Terminal dan Perpàrkiran Dishub DIY, Yunarti.

Menurutnya penumpang dari Wates ke Jogja cukup banyak, tetapi armadanya tidak banyak. "Busnya sekarang jarang yang beroperasi. Sebelumnya ada bus yang tergabung dalam wadah Koperasi Yosawa, tetapi sekarang jarang sekali," jelasnya.

Advertisement

Yunarti mengatakan kebutuhan layanan Trans Jogja sampai ke Kulonprogo pernah disampaikan setiap kali ada pembahasan. Dia mengaku senang jika layanan tersebut bisa mengakses ke Kulonprogo.

"Kalau yang masuk Terminal Wates paling cuma dua [armada dari Jogja ke Wates]. Enggak pada masuk Terminal Wates, mereka kebanyakan naik bus antarkota antarprovinsi [AKAP] seperti bus Mulyo," kata Yunarti.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Erick Thohir: Rasio Utang BUMN Turun Jadi 35 Persen

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 04:47 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement