Advertisement

Bangkai Kambing yang Hanyut di Semarang Negatif PMK

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 29 Juni 2022 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bangkai Kambing yang Hanyut di Semarang Negatif PMK nSeorang peternak di Dusun Ngaliyan Gunung A, Kalurahan Ngargosari, Kapanewon Samigaluh dengan kambing-kambing milik Kelompok Ternak Jamaah Al-Hikmah, Jumat (28/2/2020). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates DIY mengungkap hasil laboratorium sampel bangkai kambing yang ditemukan hanyut di Semarang, Jawa Tengah, dinyatakan negatif Penyakit Mulut dan Kaki (PMK). Meski begitu, belum bisa dipastikan penyakit lain yang menjangkit kambing tersebut.

Koordinator Pelayanan Veteriner BBVet Wates, Indarto mengatakan pihaknya telah melakukan pengujian lab, setelah menerima laporan ditemukannya bangkai tersebut. “Kami sudah melakukan dua pengujian penyakit, yaitu PMK dan Antraks. Hasil pengujiannya bangkai tersebut negatif,” ucap Indarto, Selasa (28/6/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Meski begitu, Indarto belum bisa memastikan penyakit lain yang menjangkit hewan tersebut. Pihaknya cukup kesulitan mengidentifikasi penyakit lain, karena kondisi bangkai yang sudah rusak. “Laporan kepada kami sudah agak telat ya. Kami tahu juga pas baca dari media massa. Setelah itu baru kami turunkan tim ke lapangan,” katanya.

Baca juga: 8 Wilayah di Bantul Masuk Zona Merah PMK Ternak

Langkah yang diambil selanjutnya, setelah ada hasil dari lab tersebut, akan diserahkan ke Polres Semarang untuk ditindaklanjuti. Dikatakannya, tim kepolisian juga dijadwalkan akan mengunjungi BBVet Wates untuk membicarakan temuan ini.

“Mereka [Anggota Polres Semarang] akan datang ke balai untuk membicarakan hal ini. Penyebab dan kenapa dibuang itu. Kami akan berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak kepolisian,” ucap Indarto.

Diketahui sebelumnya, Warga Susukan Semarang, Jawa Tengah dihebohkan dengan temuan puluhan bangkai kambing yang hanyut di Kali Serang pada Selasa (21/6/2022). Total ada 97 bangkai yang disebutkan pihak kepolisian. Satu orang yang membuang juga telah diamankan. 

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Berdarah Kulonprogo, Ini Profil Wakil Perdana Menteri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement