Advertisement

Lantik 8 Dekan, Rektor UII Fathul Wahid Minta Ketegasan Sikap

Sunartono
Jum'at, 01 Juli 2022 - 19:07 WIB
Budi Cahyana
Lantik 8 Dekan, Rektor UII Fathul Wahid Minta Ketegasan Sikap Pelantikan delapan dekan UII di Auditorium K.H. Abdulkahar Mudzakkir, Kampus Terpadu UII pada Jumat (1/7/2022). - Istimewa/UII

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Profesor Fathul Wahid melantik delapan dekan dan 16 wakil dekan di lingkungan UII untuk periode 2022-2026. Pelantikan digelar di Auditorium K.H. Abdulkahar Mudzakkir, Kampus Terpadu UII, Jumat (1/7/2022).

Delapan dekan yang dilantik dan diambil sumpahnya yakni Johan Arifin (Fakultas Bisnis dan Ekonomika), Profesor Budi Agus Riswandi (Fakultas Hukum), Asmuni (Fakultas Ilmu Agama Islam), Profesor Hari Purnomo (Fakultas Teknologi Industri), Ilya Fadjar Maharika (Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan), Profesor Riyanto (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), Qurotul Uyun (Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya), dan Isnatin Miladiyah (Dekan Fakultas Kedokteran).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Potret Jalan Malioboro Tahun 2000, Pengendara Berhelm Ciduk Berkeliaran

Profesor Fathul Wahid mengatakan para dekan akan menghadapi problematika yang sudah menanti. Tidak sedikit masalah muncul karena mereka gagal mengenal budaya, baik itu di fakultas maupun di tingkat universitas. Setiap persoalan harus disikapi dengan bijaksana. Ia juga mengingatkan soal ketegasan.

“Bersikap tegaslah ketika diperlukan, cerahkan wajah dan lembutkan sikap, dengan begitu diharapkan dapat tercipta pimpinan yang terbaik,” katanya sebagaimana keterangan tertulis yang dikirim kepada Harian Jogja, Jumat.

Ia mengatakan perbedaan pendapat merupakan hal yang wajar dalam iklim akademik dan perlu diolah untuk menghasilkan ide baru yang relevan. Apalagi tantangan ke depan tidak ringan. Perkembangan terjadi di banyak sektor menjadi satu hal yang perlu ditanggapi. Perhatian kepada mahasiswa juga menjadi hal yang sangat penting ke depan.

“Kami harus siap mendampingi mereka [mahasiswa] sehingga sampai menjadi aktor luar biasa nantinya. Kami di rektorat mengundang para dekan dan wakil dekan untuk berikhtiar lebih jauh, untuk UII yang lebih maju ke depannya,” katanya.

BACA JUGA: Dieng Culture Festival 2022 Digelar September 2022

Advertisement

Ketua Umum Pengurus Yayasan Badan Wakaf (YBW) UII Swarsono Muhammad mengungkapkan hal yang sama. Tantangan yang ada harus direspons dengan baik dan lebih akseleratif, baik dari skala nasional maupun internasional. Dekan harus menjalankan amanah sedapat mungkin memberi hasil yang konkret, meski kemenangan kecil namun bisa dilihat oleh siapa pun.

“Paling penting dalam menjalani kepimpinan adalah perilaku jujur di setiap tingkatan kekuasaan. Kita harus sesuai jati diri, dengan begitu kita bisa berkomunikasi lebih baik. Karena komunikasi yang baik merupakan kunci keberhasilan,” katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Berhenti di 13 Stasiun, Inilah Jadwal KRL Jogja Solo

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement