Advertisement

CUACA HARI INI: Waspada Angin Kencang dan Gelombang Laut Setinggi 6 Meter

Arief Junianto
Sabtu, 02 Juli 2022 - 09:17 WIB
Arief Junianto
CUACA HARI INI: Waspada Angin Kencang dan Gelombang Laut Setinggi 6 Meter Ilustrasi angin kencang. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait hujan lebat yang berpotensi turun pada hari ini di sebagian wilayah Indonesia termasuk beberapa provinsi di Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Sementara di DIY, BMKG memprediksi adanya potensi angin kencang.

Dalam peringatan dini cuaca yang dikutip dari Jakarta, Sabtu (2/7/2022), BMKG memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai angin kencang dan kilat berpotensi turun di wilayah Aceh, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

BACA JUGA: Total 11 Wajib Pajak Crazy Rich Ikut Program Pengungkapan Sukarela

Hujan lebat juga dapat terjadi di daerah Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua. Sementara wilayah Kepulauan Riau, Jawa Tengah dan DIY berpotensi mengalami angin kencang.

Khusus di DIY, potensi hujan ringan akan terjadi di sebagian kecil wilayah Sleman dan Kulonprogo. Selain itu, BMKG juga memprediksi adanya potensi gelombang tinggi di laut selatan DIY dengan kategori Sangat Tinggi (ketinggian berkisar antara 4–6 meter).

Beberapa kota besar di Tanah Air yang dapat mengalami hujan hari ini adalah Bandung di Jawa Barat dan Ambon di Maluku yang diprakirakan mengalami hujan intensitas sedang pada siang hari. Sementara itu, hujan sedang juga berpotensi turun di Mamuju di Sulawesi Barat pada malam hari.

Untuk wilayah DKI Jakarta, BMKG memprakirakan cuaca cerah berawan sepanjang siang, malam dan dini hari ini di wilayah lima kota administrasinya. Sementara itu, cuaca berawan berpotensi terjadi di Kepulauan Seribu pada siang hari dan cerah berawan untuk malam dan dini hari.

Sejumlah wilayah juga masuk dalam kategori waspada dampak hujan lebat seperti banjir yaitu daerah di Aceh, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

ICJR Desak Ferdy Sambo Cs Dijerat Pidana Pembunuhan Berencana, Tak Hanya Sanksi Etik

News
| Rabu, 10 Agustus 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Kedung Pengilon, Tak Hanya Jadi Tempat Wisata, Tapi untuk Ritual

Wisata
| Rabu, 10 Agustus 2022, 19:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement