Advertisement

HMPI Sukses Gelar Kegiatan Sadar Wisata di Kulonprogo

Media Digital
Selasa, 05 Juli 2022 - 09:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
HMPI Sukses Gelar Kegiatan Sadar Wisata di Kulonprogo HMPI di Sungai Mudal Kulonprogo - Ist

Advertisement

JOGJA-Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia (HMPI) melalui Dewan Pimpinan Wilayah III, wilayah DIY dan Jawa Tengah telah seselai melaksanakan kegiatan HMPI Sadar Wisata: Ecotourism for Sustainable Tourism di Taman Ekowisata Sungai Mudal, Kulonprogo pada tanggal 3 Juli 2022.

Kegiatan ini diprakarsai oleh Bidang Kepariwisataan dan diikuti oleh puluhan mahasiswa pariwisata yang berasal dari berbagai perguruan tinggi yang berasal dari DIY dan Jawa Tengah, stakeholder, dan beberapa komunitas yang diundang.

Kegiatan HMPI Sadar Wisata merupakan program kerja unggulan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta kepedulian masyarakat, mahasiswa, maupun wisatawan untuk melakukan edukasi mengenai pentingnya mewujudkan pariwisata berkelanjutan. Selain untuk meningkatkan kesadaran dalam berwisata dan melihat potensi wisata, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan wawasan serta pengetahuan baru mengenai penerapan ekowisata dalam turut berperan mendukung konsep pariwisata berkelanjutan.

Kegiatan HMPI Sadar Wisata diawali dengan pementasan Tari Nitis oleh siswa SMKN 1 Girimulyo yang selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan - sambutan. Selanjutnya, kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta yang pada kegiatan ini diwakili oleh Trilita Yanti, S.S., M.P.a selaku Sub Koordinator Kelembagaan Pariwisata Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta dengan simbolis penyerahan dan penanaman bibit tanaman kepada pihak pengelola Taman Ekowisata Sungai Mudal.

Setelah melakukan pembukaan, kegiatan inti berupa penyampaian materi dengan judul Sekolah Sungai: Peran Ekowisata dan Generasi Muda Terhadap Pariwisata Berkelanjutan dilakukan di Pendopo Penjalin. Pada sesi ini Rudi Hastaryo selaku Pemilik dari Taman Ekowisata Sungai Mudal menjadi pemateri dan menjelaskan materi yang menarik serta informatif dimulai dari sejarah, proses pembangunan, serta unsur-unsur penting dalam membangun kawasan Ekowisata di Sungai Mudal. Beliau juga menjelaskan betapa pentingnya peran masyarakat dalam kemakmuran Ekowisata di Sungai Mudal serta memberi tips kepada para mahasiswa untuk membangun kawasan Ekowisata.

Selama sesi Sekolah Sungai berlangsung, para peserta HMPI Sadar Wisata sangat aktif dalam menanggapi pertanyaan dari pemateri dan memberikan pertanyaan terkait dengan pengembangan Taman Ekowisata Sungai Mudal. Setelah sesi Sekolah Sungai berakhir, para peserta menikmati santap siang berupa makanan khas dari Kulon Progo yaitu Nasi Gudangan Ayam yang dinikmati dengan beralaskan daun pisang secara bersama - sama. Seusai menikmati santap siang, seluruh peserta diberikan waktu bebas untuk menjelajah dan melihat keindahan dari Taman Ekowisata Sungai Mudal.*

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tragedi Kanjuruhan, Kapolri Berjanji Usut Tuntas Pengamanan Pertandingan

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement