Advertisement

Alun-Alun Utara Sudah Penuh Pasir Pantai, Warganet: Buat Bikin Film Cakep

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 06 Juli 2022 - 14:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Alun-Alun Utara Sudah Penuh Pasir Pantai, Warganet: Buat Bikin Film Cakep Kondisi Alun-Alun Utara Jogja dalam proses penggantian pasir yang bagian tengah telah terselesaikan. Foto diambil pada Rabu (15/6/2022). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Potret Alun-Alun Utara yang terbaru terekam kamera dan diunggah di akun Instagram @merapi_uncover hari ini, Rabu (6/7/2022). Salah satu ikon Kota Jogja dengan beringin kembarnya itu kini sudah penuh dengan pasir pantai.

Sebelumnya, alun-alun di sebelah Kraton Jogja itu ditumbuhi rumput hijau. Namun kekinian direvitalisasi untuk mengembalikan fasad seperti zaman dahulu.

Advertisement

Dikutip dari situs resmi Kratonjogja.id, seluruh permukaan Alun-Alun Utara ditutup dengan pasir lembut. Hal ini sebagai penggambaran laut tak berpantai yang merupakan perwujudan dari kemahatakhinggaan Tuhan. Secara keseluruhan, makna alun-alun beserta kedua pohon beringin di tengahnya menggambarkan konsepsi manunggaling kawula Gusti, bersatunya raja rakyat dengan raja dan bertemunya manusia dengan Tuhan.

Alun-Alun Utara ini termasuk salah satu penanda kawasan Sumbu Filosofi Kota Jogja yang masuk dalam konsep penataan dan pengembalian fasad seperti semula untuk mempertahankan nilai heritage-nya.

Telah diberitakan Harianjogja.com sebelumnya, Pengageng Kawedanan Hageng Panitropuro Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat GKR Condrokirono membenarkan pengerjaan fisik di Alun-Alun Utara tersebut. Ia mengatakan pasir Alun-Alun Utara Jogja diganti baru, karena saat ini pasirnya sudah kotor. Revitalisasi tersebut diharapkan dapat mengembalikan fasad Alun-Alun Utara Jogja seperti dulu lagi.

“Kan kemarin itu [pasirnya] sudah kotor, jadi diganti [pasir baru]. Dikembalikan seperti dulu lagi,” ujarnya.

Teranyar, dalam video yang bersumber dari akun @didit_anggiawan, Alun-Alun Utara sudah dipenuhi dengan pasir pantai yang baru. Dalam sebuah rekaman kamera drone, alun-alun yang biasa dipakai untuk Sekaten ini didominasi dengan warna abu-abu dan tidak lagi hijau karena hamparan rumputnya. Sebagian hijau hanya pada bagian tengah yakni keberadaan beringin kembar Kiai Dewadaru dan Kiai Janadaru.

Warganet yang menyaksikan kondisi Alun-Alun Utara terbaru itu memberikan beragam tanggapan di media sosial. 

"Apik," tulis warganet. 

"setelah itu dibuat film pendek disitu cakepp ???? view nya keren," usul salah satu akun.

"Jogja tercinta," tulis yang lain. 

Namun ada pula yang menanyakan bagaimana jika ada angin kencang atau kemarau mengingat alun-alun sudah dipenuhi dengan pasir pantai.

"Kalo pas ada musim kemarau dan angin gendhe, warga sekitat rentan kena ISPA nih. Btw kira2 Kraton mau kasih kompensasi gak ya," tulis salah satu akun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Instagram

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement