Advertisement

Jemaah Salat Iduladha di Sleman Diminta Tetap Pakai Masker

Anisatul Umah
Kamis, 07 Juli 2022 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Jemaah Salat Iduladha di Sleman Diminta Tetap Pakai Masker Ilustrasi Salat Id. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN -- Takmir sejumlah masjid di Sleman meminta jemaahnya tetap memakai masker saat menjalankan ibadah salat Iduladha. Seperti di Masjid Kampus UGM dan Masjid Pathok Negoro Plosokuning.

Ketua Takmir Maskam UGM, Rizal Mustansyir mengatakan salat Iduladha 1443 Hijriah di Masjid Kampus UGM bekerja sama dengan Mardliyyah Islamic Center (MIC) diselenggarakan di lapangan Pancasila, depan Grha Sabha Pramana (GSP) pada Minggu (10/7/2022).

Advertisement

BACA JUGA: Sidak di 25 Restoran Jakal dan Jalan Godean, Pertamina: Banyak Resto Pakai Gas Melon

Area salat Iduladha di Lapangan Pancasila memiliki daya tampung jemaahnya sekitar 10.000 sampai 15.000 orang. Lantaran pandemi Covid-19 belum berakhir maka jemaah diminta untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

"Jemaah kami minta tetap mengenakan masker dan membawa perangkat salat dari rumah masing-masing. Panitia menyediakan hand sanitizer," ucapnya kepada Harianjogja.com, Kamis (7/7/2022).

Menurutnya, jemaah diminta untuk membawa sajadah masing-masing. Salat di Maskam UGM akan diimami oleh Labib Ezzat Zulfikar, dan khatib Mukhtasar Syamsuddin.

"Penyembelihan hewan kurban sementara sama dengan tahun lalu, empat ekor sapi plus dua kambing. Satu dari rektorat, satu dari BSI, yang dua dari shohibul qurban, termasuk dari Anies Baswedan," paparnya.

Pemeriksaan Ternak

Sementara Takmir Masjid Pathok Negoro Plosokuning, M. Kamaluddin Purnomo mengatakan salat Iduladha di masjidnya juga akan digelar pada Minggu. Diperkirakan jemaah yang hadir sekitar 2.500 orang. "Tempat masjid, halaman sampai ke jalan. Protokol kesehatan wajib pakai masker," ucapnya.

Karena masih ada kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) dia sebut akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter hewan sebelum disembelih.  "Ya biasanya sapi 12 ekor [hewan kurban] sampai hari ini baru sembilan ekor," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement