Advertisement

Minat Warga Sleman untuk Vaksin Booster Masih Rendah

Anisatul Umah
Senin, 11 Juli 2022 - 11:47 WIB
Budi Cahyana
Minat Warga Sleman untuk Vaksin Booster Masih Rendah Seorang lansia mendapatkan vaksinasi booster di Kantor Kecamatan Ngemplak, Sleman, Kamis (24/2/2022). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Minat warga Kabupaten Sleman untuk disuntik vaksin dosis ketiga atau booster masih rendah. Sampai dengan 9 Juli 2022, vaksinasi booster di Sleman baru 37,98%, naik tipis dibandingkan capaian 26 Juni 2022 yang sebesar 37,4%.

Sementara untuk dosis pertama per 9 Juli 2022 mencapai 101,2% dan untuk dosis kedua 94,1%. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sleman, Khamidah Yuliati mengatakan belum banyak masyarakat yang mau mengakses vaksin booster.

Advertisement

BACA JUGA: Luar Biasa! Gunungkidul Terima Bantuan 1.700 Kambing dari Komunitas Muslim di Singapura

Menurutnya Dinkes Sleman tetap menyediakan sentra vaksinasi, baik untuk booster, dosis pertama dan kedua di Sleman City Hall (SCH) bekerja sama dengan Polri dan BIN DIY.

“Kesadaran masyarakat belum ada,” tuturnya, Senin (11/7/2022).

Epidemiolog UGM Bayu Satria Wiratama mengatakan rendahnya minat warga untuk vaksin booster karena kondisi sekarang sudah relatif lebih aman dibandingkan sebelumnya. Masyarakat menganggap vaksin sudah tidak perlu lagi.

BACA JUGA: Kunjungan Wisatawan ke Sleman Melorot, Ini Penyebabnya

“Perlu adanya pemahaman lagi ke masyarakat bahwa kondisi sekarang bisa dijaga bila semua masyarakat yang bisa divaksin sudah mendapatkan vaksin booster,” paparnya.

Selama masih ada yang belum mendapatkan vaksin, baik dosis pertama, kedua, maupun booster, sebuah komunitas belum 100% aman dari Covid-19. Langkah pemerintah menjadikan booster sebagai syarat perjalanan menurutnya bagus untuk mendorong vaksinasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Klaten Tetap Tolak Jalan Tol Lingkar Luar Solo

News
| Minggu, 29 Januari 2023, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement