Advertisement

Ratusan Anggota Karate Inkado Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat

Sunartono
Selasa, 19 Juli 2022 - 06:57 WIB
Sirojul Khafid
Ratusan Anggota Karate Inkado Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat Ratusan anggota karate DIY mengikuti ujian kenaikan tingkat di Aula SMA Muhammadiyah 4 Kota Jogja, Minggu (17/7/2022). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 293 anggota Indonesia Karate-Do (Inkado) DIY mengikuti ujian kenaikan tingkat di Aula SMA Muhammadiyah 4 Kota Jogja.  Ujian kenaikan tingkat dari sabuk putih sampai sabuk coklat ini didominasi dari kalangan anak milenial.

Dewan Pembina Inkado DIY, Yuni, menjelaskan sebanyak 293 peserta Inkado yang mengikuti ujian kenaikan sabuk didominasi dari kalangan milenial. Mereka melalui sejumlah tahapan yang dinilai langsung oleh senior pekarate Inkado, salah satunya Faried Jayen yang juga Ketua Umum Inkado DIY pada Minggu (17/7/2022). "Peserta ini berasal dari pemilik sabuk putih hingga sabuk cokelat," kata Yuni Astuti, Senin (18/7/2022).

Advertisement

Ia menilai banyaknya peserta ujian kenaikan tingkat dari kalangan anak muda dan usia sekolah atau dikenal dengan milenial sebagai pertanda kaderisasi di tubuh Inkado berjalan normal. Selan itu cabang olahraga ini terbukti diminati kalangan milenial. Organisasinya terus berupaya mempopulerkan olahraga karate di masyarakat khususnya anak muda dan anak sekolah.

"Banyak hal bermanfaat dan positif yang bisa diraih anak muda dan anak sekolah dengan menekuni olahraga karate ini. Saya lihat banyak kalangan milenial yang aktif di Inkado," katanya.

BACA JUGA: Juarai Singapore Open 2022, Ginting Lega Penampilan Terbaiknya Telah Kembali

Menurutnya banyak peserta ujian kenaikan tingkat berusia milenial ini banyak yang memiliki potensi untuk menjadi kader sebagai atlet berprestasi di DIY. Kaderisasi menjadi hal penting agar ada banyak atlet yang diterjunkan dalam berbagai kompetisi di tanah air. Selain itu Inkado memberikan apresiasi kepada atlet yang mendapatkan medali pada sejumlah jenis kejuaraan.

"Apresiasi ini berupa pemberian uang pembinaan, termasuk dalam kesempatan itu kami berikan kepada lima orang atlet Inkado DIY yang menjadi juara," ucapnya.

Selain fokus untuk melahirkan atlet-atlet Karate, Inkado DIY juga banyak menggelar event kejuaraan Karate baik tingkat daerah maupun level nasional. Selain memunculkan motivasi atlet muda lewat kompetisi tersebut sekaligus mengasah kemampuan mereka.

"Rencananya pada bulan Oktober 2022 mendatang akan membuat kejuaraan nasional. Ini juga akan jadi ajang atlet-atlet kami menunjukkan kemampuannya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pendukung Prabowo-Gibran Bakal Gelar Aksi ke MK, Ini Imbauan Prabowo

News
| Jum'at, 19 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement