Advertisement

Terkikis Abrasi, Tempat Pendaratan Kapal di Pantai Trisik Akan Digeser

Catur Dwi Janati
Jum'at, 22 Juli 2022 - 08:07 WIB
Budi Cahyana
Terkikis Abrasi, Tempat Pendaratan Kapal di Pantai Trisik Akan Digeser Hamparan tambak udang di Dusun Sidorejo, Banaran, Galur, Kulonprogo atau dikenal sebagai kawasan Pantai Trisik, Rabu (26/5/2021). - Harian Jogja/Bhekti Suryani

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Abrasi yang mengancam pesisir Kulonprogo berdampak terhadap sejumlah aktivitas warga di kawasan tersebut. Di Pantai Trisik, nelayan kesulitan menepi karena abrasi mengikis tempat pendaratan kapal.

Kepala UPT Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Karangwuni, Dinas Kelautan dan Perikanan Kulonprogo, Suryadi, mengatakan abrasi terjadi ketika tidak ada pasir yang masuk ke laut. Hal ini menyebabkan energi dari gelombang dan arus menggerus pesisir.

Advertisement

BACA JUGA: Gelombang Tinggi Robohkan Warung-Warung di Pantai Depok

“Ketika sungai-sungai ditambaki, tidak ada pasir lagi sehingga gelombang menggerus pantai,” kata dia, Rabu (21/7/2022)

Menurutnya, abrasi sulit dicegah. Hanya upaya mitigasi saja yang bisa diimplementasikan saat ini. “Ditanami mangrove enggak bisa, sehingga kami hanya mitigasi. Pantai-pantai atau tempat-tempat pendaratan ikan dari nelayan yang sudah tidak layak dipindahkan,” kata dia.

Tempat pendaratan ikan di Trisik hendak digeser. “Semula di selatan jalan kami geser ke utara karena bangunan gudang untuk menyimpan mesin sudah hancur. Sudah roboh karena terterjang ombak,” jelasnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kulonprogo, Trenggono Trimulyo, mengatakan jawatannya telah berkoordinasi dengan Panitikismo perihal Permohonan Izin Penggunaan Tanah untuk TPI.

Patok batas telah dipasang dan lahan calon TPI telah diukur oleh Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kulonprogo bersama Panitikismo, DKP, Kapanewon Galur, Kalurahan Banaran dan Kelompok Usaha Bersama Nelayan pada Kamis, 14 Juli 2022 lalu.

BACA JUGA: Inilah Penampakan Jersey PSS Sleman Untuk Liga 1 2022/2023

“Apabila peta dan berita acara pengukuran sudah selesai dari, DKP segera memproses lebih lanjut permohonan tersebut. Kami berharap segera bisa mendapatkan palilah dalem sebagai dasar usulan pengajuan anggaran pembangunan TPI,” kata dia.

Trenggono berupaya agar usulan tersebut bisa dianggarakan pada 2023 nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Respons Serangan Israel, Iran Aktifkan Pertahanan Udara dan Tangguhkan Penerbangan Sipil

News
| Jum'at, 19 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement