Advertisement

Hasil Lab UGM: Omicron Varian Baru BA.5 Mendominasi Kasus Covid-19 DIY

Sunartono
Senin, 25 Juli 2022 - 16:37 WIB
Bhekti Suryani
Hasil Lab UGM: Omicron Varian Baru BA.5 Mendominasi Kasus Covid-19 DIY Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Varian baru BA.5 mendominasi kasus Covid-19 di DIY. Hal itu terungkap berdasarkan hasil whole genome sequencing (WGS) yang dilakukan Laboratorium FKKMK UGM.

Ketua Pokja Genetik FKKMK UGM Gunadi menjelaskan pemeriksaan WGS telah dilakukan terhadap 54 sampel dari masyarakat positif Covid-19. Hasilnya dari 54 sampel itu ternyata varian baru BA.5 paling mendominasi di DIY di angka 62,9%. Sedangkan varian BA.4 di angka 3,7%, BA.2 ada 22,2% dan BA.1 ada 11,1%.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Kami sebenarnya untuk sekali running WGS itu 96 sampel tetapi kemarin Jakarta kewalahan sehingga dikirim ke kami dan Jateng juga. Jadi dari 96 sampel yang kami periksa itu untuk DIY ada 54 sampel. Dari angka itu hasilnya ternyata BA.5 mendominasi di angka 62,9%," katanya Senin (25/7/2022).

Ia menambahkan terkait tingkat keparahan, BA.5 sama dengan varian Omicron sebelumnya yaitu Ba.1 dan BA.2, hanya saja BA.5 ini memiliki tingkat penularan yang lebih cepat.

BACA JUGA: Daftarkan Citayam Fashion Week, Baim Wong Dihujat Pakai Istilah Created by The Poor Stolen by The Rich

"[Tingkat keparahan] Sama dengan Omicron sebelumnya, cuma dia lebih menular dibandingkan BA sebelumnya. Sama seperti varian terbaru Centaurus lebih lagi. Jadi lebih ke arah ke penularan, yang penting sudah vaksinasi," ujarnya.

Gunadi berharap masyarakat bisa dibooster karena vaksinasi menjadi kunci dalam mengurangi tingkat keparahan ketika terinfeksi. Apalagi dengan keberadaan virus Corona yang terus bermutasi sehingga infeksi terus menyebar.

"Mungkin kita tidak bisa, tidak akan terinfeksi, karena virus terus bermutasi seperti BA.5, yang terbaru centaurus itu juga lebih menular dibandingkan BA.4 dan BA.5. Kalau sudah booster mungkin lebih ringan, kuncinya tetap vaksinasi," ucapnya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Siaga Nataru, PLN terjunkan 5.574 Personil Amankan Keandalan Listrik Jateng-DIY

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 10:00 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement