Advertisement

Harga Tanah Pansela Naik Berlipat, Ini Respons Pemda DIY

Sunartono
Selasa, 26 Juli 2022 - 17:37 WIB
Bhekti Suryani
Harga Tanah Pansela Naik Berlipat, Ini Respons Pemda DIY Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY menyatakan tinggi harga tanah di sekitar Pansela disebabkan karena kemudahan akses infrastruktur yang saat ini dibangun.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan keberadaan jalur pansela memang dimaksudkan untuk memberikan akses DIY bagian selatan khususnya menghidupkan ekonomi. Sehingga dengan adanya jalur pansela diharapkan akan tumbuh sentra ekonomi baik untuk barang masuk keluar, karena kemudahan akses. Terkait dengan harga tanah di Pansela yang naik berkali lipat hal ini karena semakin banyak orang membutuhkan sehingga harga pasti akan tinggi.

Advertisement

"Mengapa orang membutuhkan karena orang mau buka usaha di sana, kalau dulu kan tidak ada yang berminat karena akses kurang. Sekarang sudah ada akses tentu meningkatkan harga tanah di sana, ini adalah konsekuensi. Tetapi soal harga yang sesungguhnya tentu menjadi hak nego antara pemilik dengan pembeli," katanya, Selasa (26/7/2022).

BACA JUGA: 9 Orang Tewas Dalam Kecelakaan Odong-Odong di Pelintasan Kereta! 3 Anak-Anak

Ia menambahkan seiring dengan kian bertambahnya infrastruktur Pansela, saat ini sudah ada beberapa calon investor yang sudah menanyakan. Salah satunya terkait titik-titik bagian Pansela yang akan dijadikan kawasan ekonomi dan industri. "Tentu kalau bertanya itu kan ada kaitan mau investasi itu sudah pasti," ujarnya.

Aji mengatakan kabupaten bersama dengan Dispertaru DIY untuk melakukan revisi terhadap rencana detail tata ruang (RDTR) yang sekarang sudah ada. Karena kemungkinan akan ada sejumlah lahan tertentu yang berubah menjadi industri.

"Ini mulai dibicarakan soal itu, tahun kemarin sudah merubah belum selesai, ini diselesaikan sampai 2023. Misalnya yang ada di tanah tutupan itu nanti berubah jadi sarana prasarana umum, kemudian di antara Parangtritis sampai Samas itu akan ada kawasan ekonomi khusus," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement