Advertisement

Citayam Fashion Week ala Jogja Sudah Ada Sejak Lama, Tamunya Malah Bule-bule

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 29 Juli 2022 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Citayam Fashion Week ala Jogja Sudah Ada Sejak Lama, Tamunya Malah Bule-bule Tangkapan layar Fasion on the Street Prawirotaman pada 2014. - Youtube LMAR EO

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Citayam Fashion Week menjadi buah bibir masyarakat Indonesia belakangan ini. Saking viralnya, gelaran fashion show itu sampai membuat beberapa pesohor Tanah Air ikut cat walking. 

Mereka adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta istri Baim Wong, Paula Verhoeven. Artis Cinta Laura juga sempat ada di situ tetapi kedatangannya tak lebih untuk sekadar memungut sampah untuk mengampanyekan aksi cinta lingkungan. 

Citayam Fashion Week adalah kegiatan dimana anak-anak Citayam, Bogor, dan Depok berkumpul dan mengekspresikan gaya fashion sesuai selera mereka masing-masing. Seakan mengadopsi Paris Fashion Week yang menggunakan jalanan sebagai cat walk, mereka juga bergiliran berjalan di atas zebra cross Jalan Sudirman untuk pamer busananya. 

Namun tak perlu jauh-jauh ke Jakarta karena Jogja juga punya gelaran fashion show di jalanan seperti itu. Bahkan kegiatannya sudah ada sejak lama.

Namanya Fashion on The Street (FOS) Prawirotaman, fashion show yang memanfaatkan Jalan Prawirotaman sebagai catwalk-nya. Prawirotaman memang dikenal sebagai salah satu sudut Jogja yang sangat diminati turis mancanegara. Banyak turis asing menginap di situ sehingga saat FOS digelar, mereka akan berdatangan untuk ikut menyaksikan hasil karya para desainer-desainer Jogja. 

Baca juga: Gelaran Citayam Fashion Week Diprediksi Tak Berlangsung Lama

FOS Prawirotaman usianya hampir 10 tahun. Pertama kali dimulai pada 2013, bersamaan dengan Prawirotaman Festival. 

Diberitakan Harianjogja.com pada 2017 atau saat gelaran kelima FOS Prawirotaman, fashion show yang digelar di depan Hotel Pandanaran Prawirotamanini mempresentasikan hasil karya para anggota Kelompok Anak Muda Berbudaya (Klamb) 6 yang didampingi oleh Ketua Indonesian Fashion Chamber (IFC) Chapter Jogja Lia Mustafa.

Mereka antara lain Aji Klamb, Teffany Klamb, Genni Klamb, dan juga beberapa desainer lain yang terlibat yaitu Lian dari Palembang, Tulin Semarang, Ayu Ghia dari Jakarta, dan Lanny Amborowati dari Jogja. Mereka menampilkan trend fashion dengan konsep “Party dan Adventure". Masing-masing menampilkan sedikitnya lima karya busana.

FOS 2017 saat itu mengundang Aldrin Indrayana yang mempunyai latar belakang lulusan Foundation Studies dz' University Of Melbourne tahun 2009-2010, The Fashion Institute Sydney tahun 2012-2013, dan anggota Indonesian Fashion Chamber Surabaya 2017 ini. Tidak hanya itu, sekolah-sekolah juga ikut terlibat.

Advertisement

"Tahun ini FOS juga melibatkan sekolah-sekolah untuk mengapresiasikan karya desain batik yaitu siswa dari SMKN 2 Gedangsari dan karya dari mahasiswa ISI dan beberapa kampus lainnya," kata Lia Mustafa, saat itu. 

Jadi, bagi kalian warga Jogja, tak perlu iri dan malu karena Jogja punya fashion show di jalanan yang tidak kalah menariknya dengan Citayam Fashion Week. Bahkan pengunjungnya tidak hanya warga domestik, tetapi wisatawan mancanegara alias bule-bule. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Top 7 News Harianjogja.com 17 Agustus 2022

News
| Rabu, 17 Agustus 2022, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Tiket Masuk Borobudur dan Pulau Komodo Naik, Sandiaga Uno: Tidak Semua Tiket Destinasi Naik!

Wisata
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement