Advertisement

Gelar Rakernas di Jogja, PGI W Dorong Kerukunan Umat Beragama dan Toleransi

Jumali
Selasa, 02 Agustus 2022 - 11:27 WIB
Jumali
Gelar Rakernas di Jogja, PGI W Dorong Kerukunan Umat Beragama dan Toleransi Rombongan panitia Rakernas PGI W saat berkunjung ke Griya Harian Jogja, Selasa (2/8/2022) - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Wilayah akan menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) di Jogja, 11-14 Agustus mendatang. Tokoh Muhammadiyah dan PBNU akan hadir dalam acara yang juga mendorong nilai-nilai toleransi tersebut.

Kegiatan yang akan dipusatkan di auditorium Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta ini mengambil tema Kerukunan Umat Beragama Jelang Tahun Politik 2024.

Advertisement

Ketua PGI Wilayah DIY, Pdt Em Bambang Sumbodo mengatakan rakernas tahun ini seharusnya digelar pada 2020. Akan tetapi, karena pandemi Covid-19, rakernas baru bisa digelar tahun ini.

" Rakernas akan dilaksanakan hibrid. Secara offline dan online. Peserta kurang lebih 120 orang dari 28 provinsi," katanya saat berkunjung ke Griya Harian Jogja, Selasa (2/8/2022).

Rombongan dari panitia Rakernas PGI-1 diterima langsung oleh Pemimpin redaksi (Pemred) Harian Jogja Anton Wahyu P dan jajaran.

Bambang menambahkan, sesuai dengan rencana, seluruh peserta rakernas nantinya akan sowan ke Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X, di keraton, Jumat (12/8/2022). Dalam pertemuan tersebut, Sultan akan menyampaikan bagaimana menjaga kerukunan umat beragam.

"Karena peran Sultan cukup baik dalam menjaga toleransi. Teman-teman PGI di luar Jogja ingin belajar juga bagaimana menanjemen toleransi seperti di Jogja," ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia Rakernas PGI W 2022, Purnawan Hardiyanto mengungkapkan selain bertemu dengan Sultan, ada agenda yang tak kalah penting dalam rakernas. Agenda tersebut adalah persidangan yang akan menghadirkan Ketua Umum PBNU, Ketua Umum Muhammadiyah dan Ketua Umum PGI.

“Akan hadir juga Rektor UMY, Rektor UNU dan Rektor UKDW,” ucapnya.

Pemred Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono menyatakan siap mendukung kegiatan Rakernas PGI W.

"Tentunya kami siap untuk ikut menyukseskan kegiatan itu. Mudah-mudahan kegiatan berjalan sukses dan apa yang diharapkan bisa terlaksana, serta memberi manfaat kepada masyarakat,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement