Advertisement

Anggota MPR: Konsepsi Kebangsaan Indonesia Terbukti Tetap Relevan

Media Digital
Selasa, 02 Agustus 2022 - 21:27 WIB
Budi Cahyana
Anggota MPR: Konsepsi Kebangsaan Indonesia Terbukti Tetap Relevan Anggota MPR RI, Abidin Fikri menyelenggarakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama Perkumpulan Inklunesia Yogyakarta, di Balai Serbaguna Bausasran, Kecamatan Danurejan, Kota Jogja, Selasa (2/8/2022). - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Untuk menguatkan pemahaman wawasan kebangsaan di kalangan masyarakat, anggota MPR RI, Abidin Fikri menyelenggarakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama Perkumpulan Inklunesia Yogyakarta, di Balai Serbaguna Bausasran, Kecamatan Danurejan, Kota Jogja, Selasa (2/8/2022)

Abidin Fikri memaparkan Empat Pilar MPR RI, yaitu Pancasila sebagai dasar dan Ideologi Negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi Negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Menurut Abidin Fikri, tiap agenda yang menumbuhkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang berdasarkan nilai-nilai Empat Pilar MPR RI harus diapresiasi. “Konsepsi kebangsaan dan kenegaraan yang berkaitan dengan dasar negara, konstitusi negara, bentuk negara dan wawasan kebangsaan yang sesuai dengan karakter dan jatidiri keindonesiaan yang terbukti tetap relevan hingga era kekinian harus terus intensif disosialisasikan kepada masyarakat luas,” papar Abidin Fikri di hadapan ratusan peserta sosialisasi.

Lebih lanjut Abidin Fikri menjelaskan bahwa dalam perjuangan mengukuhkan konsepsi bersama demi keberlangsungan suatu bangsa maka perlu gotong royong dari semua kalangan agar dapat meneladani pendiri bangsa Indonesia, Bung Karno, yang memperkenalkan Pancasila pada dunia dalam Pidatonya di Majelis Umum PBB ke 15 di New York, Amerika Serikat pada  30 September 1960.

“Untuk itu kita generasi penerus bangsa ini harus bersyukur karena tonggak-tonggak tantangan dan fondasi perjuangan telah dicanangkan para pendiri bangsa, kemudian saat ini tugas sejarah kita adalah meneruskan pelaksanaan Pancasila di berbagai bidang kehidupan, baik bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” jelas Abidin Fikri yang juga Anggota Komisi IX DPR RI itu.

Turut hadir dalam agenda ini Susanto Budi Raharjo, Wakil Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPD PDI Perjuangan DIY.

Susanto yang juga Ketua Perkumpulan Inklunesia menjelaskan pentingnya acara sosialisasi tentang Pancasila, wawasan kebangsaan dan Nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika kepada masyarakat guna terus merawat keberagamaan dalam bingkai persatuan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia terutama menghadapi terbukanya berbagai informasi melalui dunia digital. Masyarakat harus terus ditingkatkan kualitas literasinya agar terhindar dari hoaks yang dapat memecah belah rasa persaudaraan dan persatuan bangsa. (***)

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Pekan Ini Jembatan Kretek 2 Diresmikan

Pekan Ini Jembatan Kretek 2 Diresmikan

Jogjapolitan | 10 hours ago

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rusia Tolak Pembatasan Harga Minyak US$60 per Barel

News
| Minggu, 04 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement