Advertisement

Piala AFF U-16 Sepi Penonton, Pedagang: Seharian Baru Bisa Menjual 2 Jersey

Newswire
Kamis, 04 Agustus 2022 - 06:57 WIB
Arief Junianto
Piala AFF U-16 Sepi Penonton, Pedagang: Seharian Baru Bisa Menjual 2 Jersey Pedagang pernak-pernik tim nasional Indonesia merapikan barang jualannya di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (3/8/2022). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Pedagang pernak-pernik Tim Nasional Indonesia yang berjualan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, saat pertandingan timnas U-16 Indonesia di Piala AFF U-16 2022, sepi pembeli.

Bahkan, seorang pedagang bernama Arif menyebut bahwa Piala AFF U-16 2022, setidak-tidaknya sampai Rabu (3/8/2022), merupakan momen tersepi selama kariernya berjualan aksesoris Timnas Indonesia di berbagai daerah sejak 2006.

Advertisement

"Kalau tidak banyak pembeli saat laga uji coba Timnas Indonesia, wajar. Namun, Piala AFF ini, kan, ajang resmi. Saya tak pernah mengalami yang seperti ini sebelumnya," ujar pria asal Bandung itu ketika ditemui di Stadion Maguwoharjo, Rabu.

BACA JUGA: Polisi Buru Sejumlah Orang yang Diduga Tewaskan Suporter PSS Sleman

Arif berkisah, sampai Rabu, pukul 18.00 WIB, dia baru berhasil menjual dua buah baju Timnas Indonesia.

Padahal, Arif sudah membuka lapak sejak sekitar pukul 10.00 WIB dan pertandingan Piala AFF U-16 2022 Tim Nasional U-16 Indonesia melawan Singapura akan digelar mulai pukul 20.00 WIB.

Biasanya di laga atau turnamen timnas lain, pada rentang waktu yang sama, dia telah mampu mendapatkan omzet sebesar Rp2 jutaan.

Situasi demikian, dia melanjutkan, juga terjadi saat Timnas U-16 Indonesia menghadapi Filipina pada Minggu (31/7/2022) di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Saat itu, Arif hanya mendapatkan Rp500.000 setelah berdagang dari pagi sampai laga selesai atau sekitar pukul 22.00 WIB.

"Jadi saya berharap permainan timnas U-16 Indonesia semakin baik dan bisa melaju ke final supaya penonton yang datang semakin banyak. Pembeli pun ramai," kata Arif yang menjajakan beragam pernak-pernik seperti syal dan seragam Timnas Indonesia.

Sementara pedagang lain, Ilham juga mengeluhkan hal yang sama. Sampai Rabu, pukul 17.45 WIB, dia belum berhasil menjajakan satu barang pun di Stadion Maguwoharjo.

Sama seperti Arif, Ilham juga pedagang yang nyaris selalu berjualan pada laga atau turnamen timnas Indonesia di daerah-daerah. "Kalau di tempat lain, jam segini saya biasanya sudah menjual sampai 10 baju," tutur Ilham.

BACA JUGA: Kasus SMAN 1 Banguntapan, ORI Sebut Siswi Muslim Tak Bisa Pilih Seragam Tanpa Jilbab

Pertandingan Tim Nasional U-16 Indonesia di Piala AFF U-16 2022 yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo memang sepi penonton.

Laga pertama Indonesia di Grup A menghadapi Filipina, Minggu hanya disaksikan sekitar 1.400 penonton.

PSSI berusaha mendongkrak jumlah itu dengan menurunkan harga tiket. Akan tetapi, jumlah penonton pada pertandingan kedua Indonesia di Grup A melawan Singapura, Rabu, diprediksi tidak akan jauh berbeda dengan laga sebelumnya.

Pihak PSSI di lokasi menyebut, sampai pukul 17.00 WIB, baru ada sekitar seribu tiket yang laku. Dilansir dari Antara, hingga pukul 18.00 WIB, di gerbang utama Stadion Maguwoharjo yang menjadi jalur masuk penonton sunyi dari suporter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement