Advertisement

SDM Kesehatan di Sleman Mulai Disuntik Vaksinasi Booster Kedua

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 05 Agustus 2022 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
SDM Kesehatan di Sleman Mulai Disuntik Vaksinasi Booster Kedua Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN–Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman mulai melakukan vaksinasi booster kedua atau vaksinasi dosis keempat Covid-19 bagi SDM Kesehatan (SDM Kes). Pemberian vaksinasi dosis keempat bagi SDM Kes dimulai Jumat (5/8/2022) ini.

Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Cahya Purnama mengatakan pemberian vaksinasi booster kedua atau vaksinasi Corona untuk dosis keempat sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). "Sasaran booster kedua ini diberikan kepada SDMKes secara bertahap sesuai ketersediaan vaksin," kata Cahya kepada Harian Jogja, Jumat (5/8/2022).

Tahap pertama, lanjut Cahya akan diberikan mulai 5-10 Agustus. Jika droping vaksin lancar dari pusat ke Dinkes DIY, pemberian vaksin dosis keempat akan terus dilanjutkan. "Adapun sasaran SDMkes di Sleman untuk pemberian vaksinasi dosis keempat ini kurang lebih ada sekitar 17.943 orang," ujarnya.

Menurut dia, pemberian suntikan dosis keempat ini dilaksanakan di masing-masing layanan kesehatan baik di rumah sakit (negeri dan swasta) maupun puskesmas dan jejaringnya. "Jadi pelaksanaan vaksinasi dilakukan di setiap fasilitas kesehatan di Sleman. Disesuaikan dengan tempat kerja masing-masing," katanya.

Baca juga: Syarat Vaksin Booster mulai Diberlakukan di Kereta Api Relasi Jogja

Pemberian jenis vaksin booster kedua bagi SDM Kes ini disesuaikan dengan stok vaksin yang ada. Baik jenis vaksin Astra Zaneca, Pfizer, Moderna, Sinopham maupun Sinovac sama-sama aman dan mendapat persetujuan dari BPOM.

"Jenis vaksin yang digunakan disesuaikan dengan stok. Hanya saja jarak interval vaksin booster kedua ini minimal 6 bulan setelah booster pertama," katanya.
 
Terkait pemberian booster kedua untuk masyarakat, Cahya mengatakan masih menunggu instruksi dari Kemenkes. Saat ini, Dinkes masih fokus untuk memberikan vaksin dosis keempat tersebut untuk SDM Kes sesuai arahan dari pusat. "Untuk lainnya menyusul sesuai dengan arahan dari Pemerintah Pusat," katanya.

Menurut dia, capaian vaksin untuk SDM Kes di Sleman terbilang tinggi karena hampir semua sasaran mengikuti kegiatan vaksinasi. Untuk dosis pertama diikuti 21.345 SDMkes (172,9%), dosis kedua 20.352 SDMkes (164,9%) dan dosis ketiga 17.934 SDMkes (145,31%).

Update Capaian Vaksinasi

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Sleman, per 30 Juli warga Sleman yang menerima vaksin dosis ketiga (booster) mencapai 351.303 sasaran atau 40% dari jumlah sasaran sekitar 900.000 orang. Adapun dosis pertama mencapai 988.703 sasaran (101,5%) dan dosis kedua 914.744 sasaran (93,9%).

Advertisement

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinkes Sleman, Khamidah Yuliati mengakui jika target vaksinasi booster sebesar 50% dari Pemda DIY pada akhir Juli lalu belum tercapai. Pemberian vaksinasi booster hingga akhir Juli mencapai 40% atau kurang 10% dari target yang dicanangkan Pemda DIY.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

ICJR Desak Ferdy Sambo Cs Dijerat Pidana Pembunuhan Berencana, Tak Hanya Sanksi Etik

News
| Rabu, 10 Agustus 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Kedung Pengilon, Tak Hanya Jadi Tempat Wisata, Tapi untuk Ritual

Wisata
| Rabu, 10 Agustus 2022, 19:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement