Advertisement

UMY Latih BUMDes Tamantirto Membuat Laporan Keuangan

Media Digital
Minggu, 07 Agustus 2022 - 02:37 WIB
Sirojul Khafid
UMY Latih BUMDes Tamantirto Membuat Laporan Keuangan Suasana pelatihan laporan keuangan BUMDes Taman Karya Manunggal di Kopi Randu Kuning, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Sabtu (6/8/2022). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan untuk BUMDes Taman Karya Manunggal. Kegiatan ini dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat dosen UMY dengan skema PKM Kolaboratif dalam Negeri.

Berlangsung pada Sabtu (6/8/2022) di Kopi Randu Kuning, Tamantirto, Kasihan, Bantul, pengabdian masyarakat ini diketuai oleh Nano Prawoto yang merupakan Dosen Ilmu Ekonomi UMY, dan beranggotakan Ilham Maulana Saud Dosen Akuntansi UMY.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dalam penyampaian pemahaman dan konsep pelatihan, Ilham Maulana Saud membahas mengenai landasan hukum penyusunan laporan keuangan BUMDes, tujuan, dan pentingnya penyusunan laporan keuangan BUMDes, Pedoman teknis penyusunan laporan keuangan, penyesuaian standart akuntansi keuangan, dan materi terkait pembuatan system keuangan BUMDes.

“Secara entitas dalam penyusunan laporan keuangan harus sesuai dengan standart akuntansi keuangan. Karena didalamnya sangat lengkap hingga akhirnya kita secara detil dapat mengetahui keseluruhan asset yang dimiliki. Dalam hal ini penting untuk diterapkan oleh BUMDEs agar dapat mengembangkan usaha BUMDes yang lainnya,” kata Ilham.

BACA JUGA: Universitas Top di Jogja ini Butuh Puluhan Dosen, Gajinya Sangat Kompetitif

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan badan usaha, yang sebagian besar modalnya berasal dari kekayaan Desa. Pengelolaan perlu dipisahkan guna mamanage aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk kesejahteraan masyarakat Desa. Kemampuan dan keterampilan dalam menyusun laporan keuangan BUMDes adalah hal yang sangat dibutuhkan.

Pada pengabdian ini, diberikan pula hibah barang berupa buku catatan, buku akuntansi, kalkulator, dan bolpoint. Barang ini diharapkan dapat mendukung kebutuhan pengelola BUMDes Taman Karya Manunggal untuk menyusun laporan keuangan, baik harian, mingguan, hingga tahunan.

Bendahara BUMDes Taman Karya Manunggal, Titi Widyawati, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi program Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Dosen UMY untuk mendukung kemajuan pengelola BUMDes. Melalui pelatihan ini, ada peningkatan kesadaran dan ilmu dalam pembuatan laporan keuangan secara terstruktur.

Advertisement

Titi juga mengatakan materi yang di paparkan sesuai dengan kebutuhannya saat ini. Pelatihan ini juga menjadi penting lantaran masih banyak anggota yang lain belum memahami laporan keuangan.

BACA JUGA: Atasi Kemiskinan, UMY Dorong Penguatan Ekonomi Berbasis Keluarga di Kampung Ratmakan Jogja

“Dengan adanya pelatihan ini bisa membuat kami memiliki sistem penyusunan laporan keuangan yang sama dan bisa match dengan laporan pusat. Kami sangat berharap kedepannya pelatihan ini dapat dilanjutkan dengan kegiatan praktik penyusunan laporan keuangan,” tambah Titi Widyawati.

Advertisement

Ketua Pengabdian, Nano Prawoto, menyampaikan apabila melalui Pengabdian Masyarakat Skema PKM Kolaboratif dalam Negeri ini diharapkan akan memberikan kebermanfaatan lebih untuk bersama-sama memecahkan permasalahan di masyarakat secara luas dan membangun masyarakat yang berkelanjutan.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Disebut sebagai Tol Paling Mematikan di Dunia, Ini Profil Tol Cipali

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement