Advertisement

Orasi Kebangsaan, Ganjar Pranowo: Semua Jurusan Kuliah Itu Penting

Triyo Handoko
Minggu, 07 Agustus 2022 - 23:37 WIB
Sirojul Khafid
Orasi Kebangsaan, Ganjar Pranowo: Semua Jurusan Kuliah Itu Penting Ganjar Pranowo - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Semua jurusan yang ada di kampus merupakan sektor yang penting. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat menyampaikan orasi kebangsaanya di penutupan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM 2022.

“Semuanya penting, semuanya memiliki perannya untuk memajukan Indonesia. Kalau ada olok-olokan seperti itu (ada jurusan yang tidak penting) maka kalian harus buktikan bahwa jurusan kalian punya peran, buktikan dengan penelitian atau hal lain,” kata Ganjar di UGM, Sleman, Sabtu (6/8/2022).

Di hadapan ribuan mahasiswa baru (maba) UGM, Ganjar juga mengatakan apabila UGM sebagai kawah candradimuka untuk menggembleng penerus tampuk kepemimpinan bangsa. Ganjar yang juga Ketua Keluarga Alumni UGM (Kagama) menjelaskan bahwa jadi mahasiswa UGM tak mudah. 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

“Maka kesempatan yang sudah kalian harus dimaksimalkan, bukan hanya untuk kalian sendiri tapi untuk bangsa ini,” ujarnya.

BACA JUGA: Ganjar Tularkan Spirit ASEAN Para Games 2022 kepada Mahasiswa Baru UGM

Di UGM, banyak pengalamannya untuk jadi bekal seorang pemimpin didapatnya. “Jadi saya berharap kalian bukan hanya kuliah tapi lebih dari itu jadi agen perubahan dengan aktivitas yang bisa kalian pilih di sini,” jelasnya.

Dalam sesi tanya jawab tersebut, Ganjar mengapresiasi mahasiswa tunanetra yang berhasil diterima UGM. “Aulia (mahasiswa tuna netra) ini semangatnya harus kalian tiru, meskipun punya keterbatasan dia bisa berprestasi, bisa bikin film yang bagus,” katanya.

Ganjar berharap pada ribuan maba di depannya untuk bisa ikut berpartisipasi dalam memajukan bangsa ini. “Sejarah mencatat mahasiswa di setiap zaman punya peran signifikan dalam proses kemajuan bangsa, kalian juga harus begitu, harus bisa menyesuaikan zaman dalam memajukan Indonesia,” ujarnya.

BACA JUGA: GKR Hemas dan Menantu Ikut Meriahkan Kirab Budaya HUT Kalurahan Sabdodadi

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejari Purwokerto Tangkap Buronan Kejati Maluku Utara

News
| Kamis, 29 September 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement