Advertisement

Jejak Perkuliahan UGM Tempo Doeloe dari Kraton Jogja ke Bulaksumur Dipamerkan 

Media Digital
Kamis, 11 Agustus 2022 - 12:27 WIB
Bhekti Suryani
Jejak Perkuliahan UGM Tempo Doeloe dari Kraton Jogja ke Bulaksumur Dipamerkan  Suasana pameran arsip, Perkuliahan UGM Tempo Doeloe - Ist

Advertisement

Perkuliahan UGM tahun ajaran baru Semester Gasal 2022/2023 segera dimulai. Untuk menyemerakkan ajaran baru, layanan Arsip UGM akan menggelar pameran arsip yang terbuka untuk umum bertema “Perkuliahan UGM Tempo Doeloe”. Pameran diselenggarakan untuk memperingati Dies Natalis ke-18 Arsip UGM sekaligus menyambut tahun ajaran baru UGM. 

Pameran akan diselenggarakan sebulan dimulai pada 11 Agustus-11 September 2022 pukul 08.00-16.00 WIB bertempat di Teras Arsip UGM lantai 3 Kompleks Perpustakaan UGM.

Dalam pameran ini, berbagai khazanah arsip berupa foto, tekstual, dan video-video dokumenter yang menggambarkan perkuliahan zaman dulu sejak UGM masih berkampus di Kompleks Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat hingga di kampus Bulaksumur akan dipamerkan. Mulai dari pendaftaran mahasiswa baru, OSPEK, stadium general, panduan akademik, perkuliahan dan praktikum, bahan ajar, kegiatan seni budaya dan olah raga, serta gedung kampus UGM di Kraton Yogyakarta dan Bulaksumur.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Pada awal berdiri, perkuliahan UGM diselengarakan dengan segala keterbatasan. UGM menempati beberapa lokasi di kompleks Kraton Yogyakarta, Ngasem, Mangkubumen, Kadipaten, dan Jetis. Berdasarkan laporan tahunan Rektor UGM tahun 1950-an diceritakan kondisi perkuliahan zaman dulu. Di Kampus Kadipaten, kamar kereta menjadi poliklinik, kamar penjaga menjadi laboratorium bakteriologi, kamar pelayan menjadi laboratorium kimia, dan kandang kuda menjadi rumah sakit. Sitihinggil dan Pagelaran dirombak menjadi aula, ruang kuliah, dan kantor Fakultas HESP.

Kuliah di Sitihinggil menampung sekitar 1.000 mahasiswa sehingga dosen kesulitan memberi ujian dan tentamen kepada ribuan mahasiswa di tempat terbuka. Terpaksa mahasiswa harus berdesakan untuk mendapatkan tempat dan juga tidak bisa melihat tulisan dosen di papan tulis karena jarak yang terlalu jauh. Supaya dapat tempat duduk di depan, mahasiswa harus datang sebelum jam 6 pagi, padahal kuliah baru dimulai pukul 8. 

BACA JUGA: Mendag Zulhas Sebut Harga Pangan di Jogja Paling Murah

Praktikum terpaksa dibuat bergilir 10 kali sampai jam 11 malam. Fakultas Teknik dengan 337 mahasiswa, terpaksa kuliah harus berdiri di luar ruangan dan mengintip dari jendela. Sedangkan Fakultas Sospol, kuliah dan ujian terpaksa dibuat bergilir mulai jam 7 pagi hingga 8 malam. Tahun 1951 UGM mulai membangun kampus Bulaksumur. Tahun 1970-an UGM secara bertahap mulai pindah ke kampus Bulaksumur.

Melalui pameran arsip ini kita dapat melihat rekaman peristiwa masa lalu untuk menapaki perjalanan masa kini dan mempersiapkan perjalanan masa depan. (**)

 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Demi Prabowo, Gerindra Siap Lawan Anies Baswedan di Pilpres 2024

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement