Advertisement

HUT Indonesia ke-77, 800 Ribu Bendera dan Umbul-Umbul Terpasang di Jogja

Yosef Leon
Senin, 15 Agustus 2022 - 21:47 WIB
Bhekti Suryani
HUT Indonesia ke-77, 800 Ribu Bendera dan Umbul-Umbul Terpasang di Jogja Ilustrasi. - Everypixel

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Sedikitnya 860.407 bendera merah putih dan umbul-umbul bernuansa kemerdekaan telah terpasang di seputaran Kota Jogja dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-77. Program ini sekaligus untuk memenuhi target Pemerintah Pusat yang ingin mengibarkan 10 juta bendera merah putih secara nasional pada 17 Agustus nanti. 

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Jogja, Budi Santosa mengatakan, HUT Kemerdekaan Indonesia ke-77 tahun ini mengusung tema "Pulih Lebih Cepat Bangkit lebih Kuat". Perayaan dipastikan akan sedikit berbeda dibandingkan dua tahun pandemi sebelumnya. Pemasangan bendera merah putih di seluruh wilayah Jogja diharapkan menjadi pemicu warga dalam menyemarakkan peringatan kemerdekaan. 

"Diluncurkan sejak 2 Agustus dengan disampaikan ke semua jajaran pemerintahan dan dari hasil pendataan yang sudah dihitung lewat kelurahan dan kecamatan sampai 12 Agustus lalu, sudah berkisar sebanyak 860.407 bendera atau umbul-umbul yang dipasang," kata Budi, Senin (15/8/2022). 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Budi menambahkan, pihaknya sengaja menghitung pemasangan bendera itu dengan tujuan untuk melihat antusiasme warga dalam memperingati HUT RI. Ratusan ribu bendera yang dipasang itu merupakan hasil pemasangan dari warga dan juga jajaran pemerintah. "Kalau dibandingkan dengan jumlah bangunan di Kota Jogja jumlahnya sudah melebihi. Karena berdasarkan data Dinas PU, jumlah bangunan di Jogja itu berada di angka 141.000," jelasnya. 

Menurut Budi, pihaknya juga membagikan sebanyak 500 bendera kecil yang biasanya dipasang di sepeda motor warga. Hal ini juga untuk memberikan tambahan semarak perayaan kemerdekaan di jalanan Jogja. "Animonya bagus dan antusias masyarakat karena memang sudah melandai pandemi Covid-19," ujarnya. 

BACA JUGA: 17 Agustus, Masuk ke Wisata Kaliurang dan Kaliadem Gratis!

Kepala Bagian Umum dan Protokol Setda Kota Jogja, Afia Rosdiana menyampaikan, peringatan HUT kemerdekaan nantinya akan dipusatkan di komplek Balaikota setempat dengan upacara. Peringatan akan dimulai sejak pagi sampai dengan detik-detik perayaan proklamasi. Detik-detik proklamasi nantinya akan dilangsungkan di istana negara dan disaksikan secara daring oleh jajaran pemerintah daerah. 

"Pada detik-detik proklamasi di jam 10 sampai 17 saat diperdengarkan Indonesia Raya nanti juga akan dibunyikan sirine di lima titik sebagai pengingat kepada masyarakat," kata Afia. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden Jokowi Nyatakan Penyaluran BLT BBM mencapai 95,9 persen

News
| Selasa, 27 September 2022, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement