Advertisement

Meriah dan Semarak, Upacara Kemerdekaan di Balai Kota Jogja Diikuti Ratusan Peserta

Media Digital
Rabu, 17 Agustus 2022 - 16:47 WIB
Bhekti Suryani
Meriah dan Semarak, Upacara Kemerdekaan di Balai Kota Jogja Diikuti Ratusan Peserta Pj. Wali Kota Jogja Sumadi sebagai inspektur upacara kemerdekaan memberikan bendera merah-putih untuk dikibarkan petugas upacara di Lapangan Balai Kota Jogja, Rabu (17/8 - 2022).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Upacara kemerdekaan dengan inspektur Pj. Wali Kota Jogja Sumadi berlangsung meriah. Diikuti sekitar 500 peserta, upacara HUT ke-77 kemerdekaan Indonesia yang berlangsung di Lapangan Balai Kota Jogja ini dimulai pukul 07.00 WIB, Rabu (17/8/2022).

 Sumadi yang memimpin upacara dalam laporannya menyebut masyarakat Jogja turut berpartisipasi dalam perayaan kemerdekaan ini. “Total ada 800 ribu titik umbul-umbul telah dipasang masyarakat Jogja untuk memeriahkan HUT ke-77 kemerdekaan Indonesia ini,” ujarnya, Rabu pagi.

Advertisement

Di atas podium upacara, Sumadi turut menyampaikan sambutan Gubernur DIY dalam peringatan hari kemerdekaan ini. “Peringatan kemerdekaan juga menjadi momen retrospeksi, dengan mengenang jasa para pahlawan melalui niti-laku dan napak-tilas jejak sejarah yang ditinggalkannya,” ujarnya.

BACA JUGA: Viral di Medsos dan Dinyanyikan Farel Prayoga di Istana, Ini Lirik dan Arti Lagu Ojo Dibandingke

 Dalam sambutan tersebut, Sumadi juga menyampaikan keunikan bangsa dan keberagamannya menjadi nilai penting sebagai perekat jati diri bangsa. “Kekhasan budaya lokal yang dapat dikembangkan sebagai kearifan lokal, hendaknya dapat diberdayakan guna menampung segala kemajemukan sekaligus memperteguh semangat persatuan," jelasnya.

 Peserta upacara tersebut dari kalangan PNS, Polri, TNI, dan masyarakat luas. “Sesuai aturan yang ada upacara kemerdekaan dibatasi 50% dari kapasitas total lapangan yang ada,” jelas Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jogja Budi Santoso.

 Budi menjelaskan upacara yang digelar di Balai Kota ini sesuai dengan surat edaran Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). “Kami mengikuti protokol yang sudah diberikan Kemensetneg, misalnya upacara dimulai pukul 07.00 WIB,” jelasnya.

Masyarakat Jogja, menurut Budi, antusias merayakan hari kemerdekaan tahun ini. “Karena sudah ada pelonggaran juga, jadi masyarakat bisa bikin kegiatan untuk menyemarakkan kemerdekaan ke-77 ini,” ujarnya.

Budi berpesan agar semangat nasionalisme pada masyarakat dapat terus ditingkatkan di bulan kemerdekaan ini. “Setelah pandemi, masyarakat harus bangkit dan optimis menjalani keseharian ini bagian dari semangat nasionalisme,” tegasnya.

 Bangkit dari pandemi, jelas Budi, dapat ditunjukan masyarakat dengan mengikuti vaksinasi. “Kami sampaikan agar masyarakat mengikuti vaksinasi sebagai bagian dari semangat gotong royong untuk bangkit dari pandemi, juga tetap taat prokes terutama dalam ruangan,” katanya. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG: Hujan Lebat Terjadi di 32 Provinsi Termasuk DIY

News
| Selasa, 05 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement