Advertisement

Tol Jogja Bawen Bersinggungan dengan Selokan Mataram, Ini yang Harus Diperhatikan

Abdul Hamied Razak
Rabu, 17 Agustus 2022 - 19:47 WIB
Bhekti Suryani
Tol Jogja Bawen Bersinggungan dengan Selokan Mataram, Ini yang Harus Diperhatikan Proses perbaikan tanggul Selokan Mataram di Desa Bligo, Kecamatan Ngluwar, Magelang, Senin (28/12/2020) - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Keberadaan Selokan Mataram yang melintasi wilayah DIY tetap dijaga kelestariannya. Tidak hanya karena selokan tersebut sebagai salah satu landmark di DIY tetapi juga karena statusnya sebagai cagar budaya yang ditetapkan pada 2021 lalu.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Irigasi dan Rawa II Balai Besar Wilayah Sungai Serayu-Opak (BBWSSO) Corri Eriza keberadaan Selokan Mataram dilengkapi dengan jalan inpeksi. Hingga kini fungsi konservasi sepanjang Selokan Mataram terutama di sisi hulu sangat terjaga. "Kalau bicara ideal, jarak tol dengan Selokan Mataram masing-masing punya pemanfaatan sendiri. Jalan tol sudah punya trase dan akan bersinggungan dengan Selokan Mataram. Masing-masing konstruksi memiliki nilai pemanfatan," katanya, Rabu (17/8/2022).

Dijelaskan Corri, rekomendasi teknis (rekomtek) terkait pembangunan jalan Tol Jogja Bawen yang melewati Selokan Mataram sudah keluar. Rekomtek tersebut, katanya, akan menjadi landasan bagi pelaksana pembangunan jalan tol. "Kami terus berkoordinasi dengan pihak jalan tol mana kala nanti pilar pembangunan jalan tol bersinggungan atau bahkan bersebelahan dengan Selokan Mataram," katanya.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Menurut Corri, baik BBWSSO maupun pelaksana jalan tol (Binamarga) akan saling bersinergi. Apalagi kedua belah pihak masih dalam satu naungan kementerian. "Saluran Mataram akan tetap memiliki fungsi jalan inpeksi karena [jalan itu] dibutuhkan. Pelaksana jalan tol juga diberi ruang untuk melaksanakan pembangunan jalan tol didekat Selokan Mataram," katanya.

Menurut Corri, pilar jalan tol Jogja Bawen yang bersinggungan dengan Selokan Mataram akan dibangun di luar sempadan Selokan Mataram. Itu sudah masuk dalam perencanaan yang diizinkan. Total panjang jalan tol yang dibangun di atas Selokan Mataram hanya empat kilometer di beberapa titik. "Jalan tol Jogja Bawen ada yang at grade [di atas tanah] ada juga yang eleveted [melayang]. Kalau yang eleveted tidak mungkin tiangnya dibangun di tengah saluran. Itu mengganggu, itu masuk koordinasi kami," katanya.

BACA JUGA: HUT ke-77 RI, Ratusan Pedagang Pasar Beringharjo Gelar Upacara

Pembangunan jalan Tol Jogja-Bawen seksi 1 di Sleman memasuki tahap landclearing atau pembersihan lahan. Pembersihan lahan dilakukan mulai dari Sanggrahan, Tirtoadi Mlati yang menjadi titik pertemuan antara Tol Jogja-Bawen dengan Tol Jogja-Solo. Pembersihan lahan dilanjutkan hingga wilayah Seyegan.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Duh, Puluhan Ribu Ton Pupuk Organik di Sragen Menghilang

News
| Selasa, 27 September 2022, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement