Advertisement

Sambut Puncak Peringatan HDKD ke-77, Kantor Imigrasi Yogyakarta Gelar Upacara

Media Digital
Sabtu, 20 Agustus 2022 - 06:57 WIB
Arief Junianto
Sambut Puncak Peringatan HDKD ke-77, Kantor Imigrasi Yogyakarta Gelar Upacara Suasana upacara peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, Sabtu (19/8/2022). - Istimewa

Advertisement

JOGJA — Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) merayakan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) atau hari ulang tahunnya yang ke-77 tepat pada Sabtu (19/8/2022). Pegawai Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta memperingati HDKD ke-77 dengan menggelar upacara di halaman kantor.

Tema yang diambil dalam Peringatan HDKD ke-77 adalah Dengan Semangat Kebersamaan, Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin PASTI dan BerAKHLAK.

Sebagai inspektur upacara peringatan HDKD tahun ini adalah Kepala Subbagian Tata Usaha, Retno Dewi Banowati. Dalam amanatnya Retno Dewi membacakan sambutan dari Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Pada sambutan tersebut, Menteri Hukum dan HAM menyampaikan bahwa bertambahnya usia Kementerian Hukum dan HAM ke-77 harus dimaknai dengan merefleksikan kembali dan introspeksi serta menyusun tindak lanjut ke depan untuk mewujudkan Kementerian Hukum dan HAM menuju organisasi kelas dunia dan memiliki keunggulan kompetitif memasuki era Society 5.0.

"Menjalani dinamika usia yang ke-77 saya berharap seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM agar bekerja dengan baik dari waktu ke waktu didasari tata nilai PASTI dan BerAKLHAK. Bekerjalah dengan ikhlas, tanpa pamrih serta tanpa cela, berikanlah pengabdian yang terbaik bagi masyarakat, Kementerian Hukum dan HAM, Bangsa, dan Negara tercinta," ucap Retno.

Peringatan HDKD ke-77 ini sendiri sebelumnya jatuh pada 30 Oktober, akan tetapi dengan ditetapkannya Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No.M.HH-2.OT.01.03 Tahun 2021, peringatan HDKD berubah menjadi 19 Agustus 2022.

Dikutip dari laman badiklat-jateng.kemenkumham.go.id, penetapan ini dilakukan berdasarkan kajian, penelusuran sejarah, dan  pengumpulan bukti-bukti autentik, serta wawancara beberapa pakar hukum yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Keputusan dibuat semata-mata untuk meluruskan dan mengembalikan pada  sejarah yang benar, seperti pengangkatan Prof. Dr. Mr. Soepomo sebagai Menteri Kehakiman Pertama pada sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia 19 Agustus 1945 serta peringatan ulang tahun Departemen Kehakiman yang dirayakan setiap 19 Agustus sejak awal kemerdekaan hingga 1982.

Peringatan HDKD ke-77 disemarakan dengan berbagai rangkaian kegiatan yang dimulai pada tanggal 15 Juli. Beberapa kegiatan tersebut di antaranya bakti sosial, seminar lokakarya, layanan paspor masuk desa, donor darah serta beberapa kegiatan lainnya dan ditutup dengan upacara dan syukuran pada hari ini.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Surat Pemecatan Fredy Sambo Sudah Ditandatangani Presiden Jokowi

News
| Jum'at, 30 September 2022, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement