Advertisement

Bentuk Sentra Pembinaan Olahraga di Tingkat Sekolah

Media Digital
Sabtu, 20 Agustus 2022 - 15:07 WIB
Bhekti Suryani
Bentuk Sentra Pembinaan Olahraga di Tingkat Sekolah Salah satu kegiatan olahraga yang diikuti siswa - Istimewa

Advertisement

Keberadaan sentra pembinaan olahraga menjadi penunjang utama untuk melahirkan atlet matang dan siap berprestasi.

Itulah yang mendasari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Jogja membangun sentra pembinaan atlet di sekolah-sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Jogja, Budi Asrori mengatakan dengan venue olahraga yang terbatas, sekolah diharapkan bisa menjadi sentra pembinaan baru di bidang olahraga.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Menurut dia, program pengukuran yang dilaksanakan sebelumnya bisa menjadi masukan kepada sekolah dalam pembukaan kelas ekstrakurikuler yang lebih optimal.

Pasalnya, selama ini pembukaan kelas olahraga masih mengacu pada pola-pola lama yakni lebih menitikberatkan pada aspek alamiah murid atau sebagai program latihan saat ada ajang perlombaan.

Itulah sebabnya, melalui pendirian sentra olahraga yang nantinya berbasis pada data ilmiah diharapkan sekolah juga berperan dalam membina atlet sejak usia dini.

"Sentra pengembangan olahraga ini sedang kami bangun untuk menjadi pusat yang nantinya akan menempel di sekolah yang punya fasilitas olahraga. Hal ini kami lakukan karena venue di Kota Jogja sangat terbatas sehingga kami manfaatkan lahan dan fasilitas sekolah," imbuhnya.

Budi menargetkan bahwa dalam beberapa tahun ke depan, Jogja mampu mencetak sejumlah atlet yang mampu berlaga di kejuaraan olahraga tingkat nasional lewat pembinaan sejak usia dini.

"Target jelas ada. Kalau melihat proses pembinaan olahraga ini memang tidak bisa singkat tapi kita sudah memulai dan harapan kami di 10 atau 12 tahun ke depan mereka sudah matang," katanya. (ADV)

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Hasil Penghitungan Akhir Jumlah Korban Tragedi Kanjuruhan

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement