Advertisement

Pimpinan Sidang Etik Ferdy Sambo adalah Mantan Kapolda DIY Ahmad Dofiri

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 25 Agustus 2022 - 09:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pimpinan Sidang Etik Ferdy Sambo adalah Mantan Kapolda DIY Ahmad Dofiri Komjen Pol Ahmad Dofiri. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Sidang kode etik kepada mantan Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo hari ini, Kamis (25/8/2022) dipimpin langsung oleh Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Ahmad Dofiri. Bagi masyarakat dan jajaran kepolisian di DIY, nama Ahmad Dofiri sudah tidak asing lagi karena pernah bertugas menjadi Kapolda DIY. 

Ahmad Dofiri yang juga menjadi lulusan terbaik atau peraih Adhi Makayasa di angkatannya di Akademi Polisi (Akpol) tahun 1989 ini memimpin sidang etik atas kasus pembunuhan Brigadir Yosua atau Brigadir J oleh Ferdy Sambo. Sidang dilakukan secara tertutup di Gedung TNCC Rowabprof Divpropam Polri hari ini pukul 9.00 WIB.

Dilansir dari Antara, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Presetyo mengatakan sidang tersebut dipimpin oleh perwira tinggi dengan pangkat jenderal bintang tiga (Komjen). Sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) atau sidang etik Polri ini diatur dalam Peraturan Polri (Perpol) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi dan Komisi Kode Etik Polri.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Baca juga: Hari Ini Sidang Etik Ferdy Sambo

Berdasarkan Perpol Nomor 7 Tahun 2022 itu, untuk memeriksa pelanggaran Kode Etik Profesi Polri (KEPP) dilakukan oleh perwira tinggi Polri. Pada Pasal 42 ayat (3) disebutkan, susunan organisasi KKEP sebagaimana dimaksud pada ayat (1), keanggotannya berpangkat sama atau lebih tinggi dari pangkat terduga pelanggar.

Ferdy Sambo merupakan perwira tinggi (pati) Polri berpangkat jenderal bintang dua atau Irjen Pol. Sehingga pimpinan sidang, adalah perwira tinggi Polri berpangkat sama atau lebih tinggi dari Irjen, yakni Komjen.

Komjen Ahmad Dofiri sudah bertugas di banyak tempat. Selain menjadi Kapolda DIY, ia pernah menjadi Wakapolwiltabes Bandung, Kapoltabes Yogyakarta, Karobinkar SSDM Polri, Kapolda Banten, Karosunluhkum Divkum Polri, dan jabatan lainnya.

Diberitakan Harianjogja.com pada akhir 2019 lalu, Ahmad Dofiri sempat meresmikan Masjid Ar-Razzaq di Dusun Gunungbang RT 03/ RW 07, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul saat mengakhiri masa tugasnya di DIY pada Desember 2019 lalu. 

Pembangunan masjid didanai oleh Ahmad Dofiri sendiri bersama rekan polisi lain dan para donatur. Masjid Dusun Gunungbang tersebut menjadi masjid keenam yang diresmikan Ahmad Dofiri selama bertugas di DIY.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Demi Prabowo, Gerindra Siap Lawan Anies Baswedan di Pilpres 2024

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement