Advertisement

Begini Tahapan dan Jadwal Pembangunan Tol Solo-Jogja-YIA

Newswire
Kamis, 25 Agustus 2022 - 18:07 WIB
Bhekti Suryani
Begini Tahapan dan Jadwal Pembangunan Tol Solo-Jogja-YIA Ilustrasi jalan tol. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemerintah tengah merancang tahapan pembangunan tol Solo-Jogja-YIA sepanjang hampir 100 kilometer.

Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah mendanai pembebasan lahan untuk proyek jalan tol Solo-Jogja-Kulonprogo sebesar Rp3,4 triliun hingga saat ini yang diberikan kepada para masyarakat pemilik lahan.

“Tol ini sudah terealisasi [pendanaan lahannya] dari 2020-2022 sebesar Rp3,4 triliun. Untuk tahun ini saja Rp1,6 triliun,” kata Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi dalam Kunjungan Pembayaran Ganti Rugi Pengadaan Tanah PSN di Jogja, Kamis (25/8/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Pembangunan jalan tol Solo-Jogja-Kulonprogo termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) jalan tol dengan realisasi terbesar pada 2022.

Direktur Utama PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) Adrian Priohutomo menjelaskan ruas jalan tol Solo-Jogja-Kulonprogo memiliki panjang 96,57 kilometer dan merupakan jalan tol pertama di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pembangunan jalan tol ini akan dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap pertama sepanjang 49,25 kilometer untuk ruas Solo-Purwomartani dengan konstruksi selesai pada kuartal I-2024, uji laik pada kuartal II-2024 dan resmi beroperasi pada kuartal III-2024.

Dari sekitar 7.800 bidang lahan yang akan dibebaskan untuk tahap I, terdapat 3.300 bidang lahan yang telah dibebaskan atau 45 persen dengan luas

Untuk tahap I pembangunan proyek jalan tol Solo-Jogja-Kulonprogo ruas Solo-Purwomartani dilakukan melalui dua segmen yaitu Solo-Klaten dan Klaten-Purwomartani.

Saat ini progres pembangunan proyek jalan tol tersebut dengan segmen pertama yaitu Solo-Klaten sudah mencapai 40,2 persen dimulai dari Kartasura dan sekarang Klaten.

Advertisement

Sementara tahap kedua sepanjang 38,13 kilometer yaitu ruas SS Purwomartani-JC Sleman dan tahap ketiga sepanjang 8,75 kilometer untuk ruas JC Sleman-Purworejo.

BACA JUGA: Surat Permintaan Maaf Ferdy Sambo Beredar, Ini Isinya

Tidak hanya ruas tol ini, LMAN turut mendanai pembebasan tanah untuk dua PSN lain di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu jalan tol Jogja-Bawen dan Jalur Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport.

Advertisement

Pembangunan ini diklaim akan memiliki manfaat bagi masyarakat seperti mendorong peningkatan pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di sekitarnya.

Secara keseluruhan, LMAN telah mendanai 104 PSN dengan nilai mencapai Rp97,36 triliun hingga Agustus 2022 dengan sektor jalan tol yang menyerap pendanaan tanah tertinggi yaitu mencapai Rp82,97 triliun atau 85,2 persen dari total portofolio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat, 7 Oktober 2022

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 07:09 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement