Advertisement

YIA Jadi Potensi Khusus Daya Tarik Investasi

Catur Dwi Janati
Kamis, 25 Agustus 2022 - 21:57 WIB
Budi Cahyana
YIA Jadi Potensi Khusus Daya Tarik Investasi Sejumlah penumpang tiba di YIA, Rabu (27/4/2022). - Harian Jogja/Dok.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo dinilai dapat menjadi potensi khusus daya tarik investasi di DIY.

Kepala Bea Cukai Jogjakarta Eko Darmanto menilai Kulonprogo memiliki potensi yang sangat besar. Dalam audiensi dengan Penjabat Bupati Kulonprogo, Tri Saktiyana, beberapa waktu lalu, Eko mengatakan target investasi di Indonesia pada 2022 mencapai Rp1200 triliun. Sementara itu posisi investasi hari ini belum bergerak di kisaran 50 persen. “Artinya potensi itu sangat besar,” kata dia.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Rute Penerbangan Internasional YIA Ditambah ke Singapura, Malaysia, hingga Turki

Eko menambahkan kawasan industri terpadu Kendal dan Batang saat ini telah pulih. Sementara di DIY terdapat kawasan peruntukan untuk industri sebesar 5.800 hektare yang terbagi dalam tujuh sektor salah satunya ada Kulonprogo. Misalnya di Kawasan Industri Sentolo.

“Begitu potensi ekonomi ini kita angkat kemudian investasi masuk. Kami menginginkan ada kegiatan ekonomi baru. Tujuan utamanya adalah membuka lapangan pekerjaan sebesar-besarnya untuk masyarakat, khususnya rakyat Jogja, khususnya lagi rakyat di Kulonprogo,” tuturnya. 

Bila lapangan pekerjaan dibuka seluas-luasnya,masyarakat bisa mengaksesnya serta dapat bekerja dengan baik, sehingga daya beli akan naik.

“Menurut Bank Indonesia, pertumbuhan ekonomi di DIY ini masih separuhnya dari pertumbuhan ekonomi nasional. Pertumbuhan ekonomi nasional sudah di angka 5,1 persen, sedangkan Jogja itu baru menuju ke tiga, tepatnya 2,7 persen. Ini yang kita ingin dorong,” kata dia.

Salah satu potensi yang dapat didorong dan ada di Kulonprogo ialah keberadaan YIA. Menurut Eko, Bandara YIA merupakan potensi nasional yang bisa menjadi potensi khusus daya tarik investasi. 

Advertisement

“Kalau investasi masuk, bandara akan bergerak dan dia akan lebih cepat mengalami perkembangan dan pertumbuhan,” ujarnya. 

Eko mencontohkan potensi YIA yang dapat dioptimalkan yakni potensi kargo.

BACA JUGA: Cegah Tsunami, Sabuk Hijau Kawasan Bandara YIA Diperkuat

Advertisement

General Manager YIA, Agus Pandu Purnama menambahkan potensi Kulonprogo terhitung luar biasa. Menurutnya dengan adanya bandara, iklim investasi seharusnya dapat bertumbuh. 

Bandara YIA dibangun dengan kapasitas yang luar biasa. YIA bisa menampung pergerakan orang sampai 30 juta penumpang per tahun. Jumlah tersebut dihitung dari kapasitas terminalnya.  Selain itu, kapasitas kargo di YIA bisa mencapai 590 ton per hari. Namun saat ini muatan kargo rata-rata baru di kisaran 20 ton per hari. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Pekan Ini Jembatan Kretek 2 Diresmikan

Pekan Ini Jembatan Kretek 2 Diresmikan

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Naik Status Jadi Awas, Gunung Semeru Alami 22 Kali Letusan

News
| Senin, 05 Desember 2022, 00:47 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement