Advertisement

Puncak Hari UMKM 2022, Disperinkop UKM Jogja Luncurkan Pasar Jumat Berkah

Triyo Handoko
Jum'at, 26 Agustus 2022 - 15:47 WIB
Budi Cahyana
Puncak Hari UMKM 2022, Disperinkop UKM Jogja Luncurkan Pasar Jumat Berkah Peluncuran Pasar Jumat Berkah yang dilakukan simbolis dengan memetik gunungan produk UKM Jogja oleh Pj Wali Kota Sumadi. - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM (Disperinkop UKM) Jogja meluncurkan Pasar Jumat Berkah di Balai Kota Jogja, Jumat (26/8/2022). Peluncuran tersebut bebarengan dengan puncak Hari UMKM 2022 yang diinisiasi Disperinkop UKM Jogja.

Tujuan program Pasar Jumat Berkah adalah meningkatkan kapasitas UKM Jogja setelah  terpukul pandemi. Mengambil tema UMKM Jogja Bangkit Lebih Kuat, program itu diluncurkan langsung oleh Penjabat Wali Kota Jogja Sumadi.

BACA JUGA: Tinjau Sistem Antrean Online, Dewas BPJS Kesehatan Kunjungi RSUP dr. Sardjito

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Dalam sambutannya, Sumadi mengapresiasi UKM di Jogja yang sudah bertahan selama pandemi. “Meskipun terpukul pandemi, UKM Jogja secara nasional jadi salah satu yang terbaik karena mampu menyumbang pertumbuhan positif ekonomi,” ujar dia, Jumat (26/8/2022).

Sumadi berharap Pasar Jumat Berkah yang diadakan secara rutin tiap Jumat di Balai Kota bisa meningkatkan penjualan UKM Jogja. “Tentunya juga nanti ada pembinaan lebih intens lagi untuk meningkatkan kapasitas, terutama untuk menyesuaikan perkembangan teknologi,” ujarnya.

Pemanfaatan teknologi digital pada UKM Jogja menjadi perhatian Sumadi. “Sekarang harus bisa memanfaatkan itu, karena kalau mau bisa bertahan, bisnis harus menguasai digital,” katanya.

Kepala Disperinkop UKM Jogja Tri Karyadi Riyanto Raharjo mengatakan jawatannya telah menyiapkan berbagai program untuk meningkatkan kapasitas UKM Jogja. “Apalagi ini sudah mulai memasuki masa normal setelah pandemi, salah satu program tersebut Pasar Jumat Berkah,” ujarnya, Jumat (26/8/2022).

Karyadi menyebut selain Pasar Berkah Jumat, dukungan yang diberikan untuk meningkatkan kapasitas UKM Jogja adalah fasilitasi sertifikasi halal produk UKM. “Kami sudah kerja sama dengan berbagai pihak untuk bisa membantu sertifikasi halal produk UKM dengan biaya gratis,” jelasnya.

BACA JUGA: Capaian Booster Harian Sleman Tertinggi di DIY, Ini Penyebabnya..

Advertisement

Fasilitasi sertifikasi halal tersebut, jelas Karyadi, dimaksudkan untuk menjaga kualitas produk UKM Jogja. “Jadi diharapkan semua UKM di Jogja bisa mengikutinya,” ujarnya.

Karyadi juga berharap UKM bisa menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi di masa normalisasi pasca-pandemi ini. Pasar Jumat Berkah perdana setidaknya diikuti 18 UKM dengan berbagai produk dari kuliner hingga pakaian.

 

Advertisement

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Buron Tujuh Tahun, Pria Ini Tertangkap Saat Daftar Kerja di Kantor Polisi, Eh Gimana?

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement