Advertisement

Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Kalasan Terima Rp11,5 Miliar Ganti Rugi Tol Jogja Solo

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 26 Agustus 2022 - 07:07 WIB
Budi Cahyana
Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Kalasan Terima Rp11,5 Miliar Ganti Rugi Tol Jogja Solo Proyek Tol Jogja Solo. - JIBI/Bisnis.com/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Seorang dokter spesialis penyakit dalam di Purwomartani, Kalasan, Sleman, menerima uang ganti rugi Tol Jogja Solo sebesar Rp11,5 miliar.

Dokter spesialis penyakit dalam bernama Muntafi'ah itu menerima ganti rugi besar atas lahan 5.253 meter persegi yang harus dia lepaskan untuk proyek Tol Jogja Solo. Muntafi’ah adalah satu dari 64 warga yang menerima ganti rugi pada Kamis (25/8/2022). Mereka berasal dari Dusun Somodaran dan Babadan.

Advertisement

BACA JUGA: Rp3,40 Triliun, Ganti Rugi Tol Jogja Solo yang Terbesar di Proyek Strategis Nasional

Tiga warga mendapatkan nilai ganti rugi tertinggi. Bambang Sutopo menerima Rp2,8 miliar ganti rugi untuk lahan 658 meter persegi. Priscillia NH menerima Rp10,4 miliar ganti rugi lahan 1,000 meter persegi. Muntafi'ah menerima Rp11,5 miliar ganti rugi lahan 5.253 meter persegi. Ganti rugi diserahkan secara simbolis oleh Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara.

“Pelepasan hak atas tanah bagi pembangunan jalan tol Jogja Solo ini tidak terlepas dari kerelaan pemilik lahan. Saya minta seluruh pihak terkait membuat proses yang cepat, efesien dan memastikan hak para pemilik lahan,” kata Suahasil.

Kepala Kanwil BPN DIY Suwito mengatakan pembayaran ganti rugi di Purwomartani adalah yang terakhir dengan total ganti rugi sebesar Rp401 miliar. “Untuk tanah karekteristik khusus seperti tanah kas desa masih dalam proses pembebasannya,” kata Suwito.

BACA JUGA: Rute Penerbangan Internasional YIA Ditambah ke Singapura, Malaysia, hingga Turki

Masih ada sejumlah kalurahan yang belum dibebaskan lahannya untuk pembangunan Tol Jogja Solo Seksi 1. Lahan tersebut masih dalam proses penilaian tim appraisal, musyawarah warga, maupun pengajuan surat perintah membayar (SPM) ke Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). Yang belum menerima uang ganti rugi adalah warga Tegalrejo (Tamanmartani) dan Bokoharjo Prambanan.

“Mereka tinggal menunggu jadwal pembayaran. Selain itu, ganti rugi untuk warga tiga kalurahan di Seksi 2 Tol Jogja-Solo meliputi Tirtoadi, Tlogoadi dan Trihanggo juga akan dibayar tahun ini,” ucap Suwito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mensesneg Diminta Segera Merampungkan Dokumen Keppres IKN Sebelum Pelantikan Prabowo-Gibran

News
| Senin, 22 Juli 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement