Advertisement

Lahan Tol Jogja Solo yang Melewati Ring Road Utara Dibebaskan Tahun Ini, Ada Empat Desa yang Dilewati

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 26 Agustus 2022 - 19:17 WIB
Budi Cahyana
Lahan Tol Jogja Solo yang Melewati Ring Road Utara Dibebaskan Tahun Ini, Ada Empat Desa yang Dilewati Proyek Tol Jogja Solo. - JIBI/Bisnis.com/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Tahun ini, lahan Tol Jogja Solo Seksi 2 atau yang melewati Ring Road Utara, yang akan dibebaskan ada di empat kalurahan, yakni Maguwoharjo (Depok), Tirtoadi dan Tlogoadi (Mlati), serta Trihanggo (Gamping).

"Kami menyebutnya Seksi 1 plus-plus. Artinya untuk Seksi 2 yang lahannya dibebaskan hanya Maguwoharjo, Tirtoadi, Tlogoadi dan Trihanggo," kata PPK Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Jogja-Solo wilayah DIY, Dian Hardiyansyah, Jumat (26/8/2022).

BACA JUGA: Diwisuda Sultan HB X, Pelajar SMK Bopkri 1 Jogja Punya Usaha dengan Omzet Miliaran per Bulan

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Meski terdapat tambahan luas lahan yang dibebaskan di Tol Jogja Solo Seksi 2, Dian menegaskan perluasan itu tidak mengubah desain pembangunan tol. Kalaupun ada perubahan, katanya, hanya dalam bentuk kecil. "Intinya, apa yang sebelumnya sudah disosialisasikan kepada warga terdampak, itu yang akan dibebaskan," katanya.

Lokasi on off Tol Jogja Solo di Maguwoharjo tidak ada perubahan. Lokasi on off berada di dalam Ring Road Utara sesuai desain konstruksi awal. "Desain konstruksi ditangani Badan Pengelola Jalan Tol [BPJT], kami hanya ditugaskan untuk pembebasan lahan. Tetapi BPJT belum memberi informasi perubahan desain," katanya.

Rencana pembebasan lahan Tol Jogja Solo Seksi 2 di Maguwoharjo, Tirtoadi, Tlogoadi, dan Trihanggo terus berproses. Pihaknya masih mengajukan rencana tahapan identifikasi dan validasi lahan di Maguwoharjo. Adapun pembayaran uang ganti rugi (UGR) untuk Tirtoadi, Tlogoadi, dan Trihanggo akan dilakukan setelah tim appraisal selesai melakukan proses penilaian.

"Pengumuman sudah selesai untuk beberapa dukuh, tinggal penetapan dari appraisal. Sebentar lagi akan kami nilai tanahnya, dimulai dari Tirtoadi," katanya.

General Manager Lahan dan Utilitas PT JMM Muhammad Amin menjelaskan pembebasan lahan Tol Jogja Solo Seksi 2 hanya dilakukan untuk sebagian kalurahan. Seksi 2 di wilayah barat Ring Road, ada tiga kalurahan yang lahannya dibebaskan.

BACA JUGA: Dilarang di Malioboro, Skuter Listrik Diusulkan Kolaborasi dengan Kampung Wisata

Advertisement

"Itu berada di Trihanggo, Tirtoadi dan Tlogoadi. Ini untuk menghubungkan Tol Jogja Solo dengan junction Sleman, fungsinya untuk memberi akses keluar masuk mobil dari Tol Jogja Bawen," katanya.

Lahan yang juga akan dibebaskan berada di Maguwoharjo, Depok untuk memecah kemacetan di Jalan Nasional Jogja-Solo. Di Maguwoharjo akan dibangun akses keluar (on off) dari Tol Jogja Solo. "Dari Simpang Susun Purwomartani ke Maguwoharjo ini akan dibangun secara elevated di atas Selokan Mataram. Di Maguwoharjo nanti ada pintu keluar," katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bercuit Soal Pungutan Cek Fisik Kendaraan, Soleh Solihun Malah Didatangi Polisi

News
| Rabu, 28 September 2022, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement