Advertisement

Dukcapil Gunungkidul Juara 2 Lomba Krenovamaskat Pelita Indah 2022

Media Digital
Jum'at, 26 Agustus 2022 - 14:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Dukcapil Gunungkidul Juara 2 Lomba Krenovamaskat Pelita Indah 2022 Dinas Dukcapil Gunungkidul meraih juara 2 kategori ASN dalam Lomba Krenovamaskat Pelita Indah 2022 - Ist

Advertisement

GUNUNGKIDUL-Pada 25 Agustus 2022 Dinas Dukcapil Gunungkidul meraih juara 2 kategori ASN dalam Lomba Krenovamaskat Pelita Indah 2022 (Kreativitas, Inovasi Masyarakat, Penelitian, Karya Ilmiah, dan Inovasi Daerah) yang diselenggarakan oleh BAPPEDA Gunungkidul.

Dalam lomba Krenova tersebut, wakil dari Dukcapil Gunungkidul Ruspamilu Yuliyanta dan Diyah Respita Rini mengusung inovasi Dukcapil- Paket Latika (Pelayanan Kalurahan Lahir, Mati, KK dan KIA) yang dapat memberikan kemudahan bagi Masyarakat Kabupaten Gunungkidul untuk mengurus Dokumen Kependudukan cukup sampai di Kalurahan/Desa.

Advertisement

Paket Latika adalah pelayanan Adminduk di tingkat Kalurahan. Pelayanan Adminduk dapat terselesaikan lebih cepat, tepat dan efisien karena pengurusan Adminduk untuk warganya cukup sampai di Kalurahan saja.

Tujuan Paket Latika adalah tersampaikannya informasi pengurusan administrasi kependudukan di setiap kalurahan untuk memudahkan warganya dan terimplementasikan tertib administrasi kependudukan dengan kepemilikan dokumen adminduk di masyarakat yang memanfaatkan sumber daya manusia secara maksimal sehingga tercapai kepuasan masyarakat dalam pelayanan administrasi kependudukan.

Diharapkan pemerintah dapat memberikan kontribusi dalam pelayanan birokrasi yang berkualitas dengan terwujudnya waktu pelayanan yang minimal sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan. Selain itu diharapkan pula setelah adanya inovasi ini penduduk dapat mengurus Administrasi Kependudukannya dengan tertib dan tepat waktu karena pengurusannya tidak perlu sampai ke Dinas hanya sampai di tingkat Kalurahan saja.

Manfaat dari program ini publik merasa dimudahkan dalam kepengurusan dokumen adminduk karena bisa dilakukan di lini pemerintah kalurahan, meningkatnya kesejahteraan penduduk dengan mudahnya layanan kepengurusan data adminduk sehingga masyarakat merasa terbantu dan tidak merasa kesulitan dengan kendala yg mereka hadapi di masing masing wilayah, meningkatnya motivasi masyarakat untuk mengurus dokumen adminduk karena adanya birokrasi yang lebih luwes dan mudah, meningkatnya kualitas kinerja dan performa pemerintah kelurahan, karena mampu memberi pelayanan publik lebih baik dan variatif dan masyarakat khususnya wilayah setempat akan merasa puas dan terjadi hubungan baik dua arah antara masyarakat dan pemerintah kalurahan. 

Sebanyak 71 kalurahan telah melakukan perjanjian kerjasama paket latika di kalurahan dan tujuh rumah sakit yakni RS JIH, RS UII, RS Nur Rohmah, RSB Sadewa, RSUD, RSKIA Allaudya, dan Puskesmas paliyan. 

Sebelumnya pada hari Kamis, 11 Agustus 2022 bertempat di aula gisa Dinas Dukcapil Gunungkidul dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama pelayanan dan adendum kerjasama pelayanan dengan kalurahan.

Dalam pelaksanaan ini dihadiri oleh 39 lurah yang terdiri dari 6 kalurahan penandatanganan kerjasama pelayanan yang kedua serta 33 kalurahan yang melaksanakan adendum kerjasama pelayanan.

Kepala dinas dukcapil Markus Tri Munarja sangat berterima kasih karena sampai saat ini jumlah total kalurahan yg sudah PKS pelayanan sebanyak 63 kalurahan dan akan bertambah pada Minggu depan dengan 8 kalurahan di kapanewon Semin sehingga total sampai Agustus 2022 sebanyak 71 kalurahan.

Harapan dengan semakin bertambahnya kalurahan yg melaksanakan PKS akan semakin mudah lancar dan cepat pelayanan Adminduk sampai di kalurahan saja.

Pelaksanaan penandatanganan adendum di wakili secara simbolis oleh lurah Putat dan untuk penandatanganan PKS pelayanan kedua di wakili oleh lurah Pampang.

Pelaksanaan kegiatan kerjasama ini merupakan upaya dari bidang PDIP dan PIAK dalam mendekatkan pelayanan sampai tingkat desa.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bakal Periksa Bupati Sidoarjo Hari Ini

News
| Jum'at, 19 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement