Advertisement

Warga Jateng Lebih Bahagia Dibandingkan Jogja Menurut Survei BPS

Bhekti Suryani
Minggu, 28 Agustus 2022 - 08:47 WIB
Bhekti Suryani
Warga Jateng Lebih Bahagia Dibandingkan Jogja Menurut Survei BPS Tugu Jogja. - Harian Jogja/Holy Kartika N.S

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Akhir Juli lalu Badan Pusat Statistik (BPS) DIY menerbitkan survei mengenai indeks kebahagiaan warga di wilayah ini.

Hasilnya cukup mengagetkan. Berdasarkan survei terbaru 2021 tersebut, DIY tidak lagi menjadi wilayah yang warganya paling bahagia di Pulau Jawa. Bahkan, indeks kebahagiaan di DIY lebih rendah dibandingkan Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Berdasarkan survei terbaru 2021 tersebut, indeks kebahagiaan di DIY tercatat hanya 71,70 atau menempati urutan ketiga dari total enam provinsi yang disurvei. Yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten. 

Angka itu lebih rendah dibandingkan Jawa Tengah sebesar 71,73 dan Jawa Timur sebesar 72,08 atau tertinggi di Pulau Jawa. 

Padahal, berdasarkan survei pada 2014 dan 2017, DIY selalu tercatat menjadi wilayah dengan indeks kebahagiaan tertinggi di Pulau Jawa, yakni sebesar 70,77 dan sebesar 72,93 pada 2017.

BACA JUGA: Bantul Diguncang Gempa Magnitudo 5,2

Menurut catatan BPS, definisi tingkat kebahagiaan merupakan gambaran umum tingkat kepuasan penduduk terhadap keseluruhan domain kehidupan manusia yang dianggap esensial dengan memperhitungkan pula aspek perasaan dan makna hidup seseorang.

Semakin tinggi nilai indeks menunjukkan tingkat kehidupan penduduk yang semakin bahagia. Sebaliknya, semakin rendah nilai indeks maka semakin merasa tidak bahagia. Manfaat indikator kebahagiaan akan menggambarkan tingkat kesejahteraan subjektif terkait beberapa aspek kehidupan yang dianggap esensial dan bermakna bagi sebagian besar penduduk dan masyarakat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : BPS

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Golkar Curiga Ada Pihak Ingin Amandemen UUD 1945

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement