Advertisement

Dibalik Bingkai Launching Film “Derap Dayak” Sebuah Dokumenter Memotret Kehidupan Suku Dayak

Media Digital
Rabu, 31 Agustus 2022 - 18:42 WIB
Budi Cahyana
Dibalik Bingkai Launching Film “Derap Dayak” Sebuah Dokumenter Memotret Kehidupan Suku Dayak Selasa 30 Agustus 2022 bertempat di Laboratorium Filsafat Nusantara UGM dilakukan launching film Derap Dayak. - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—Selasa 30 Agustus 2022 bertempat di Laboratorium Filsafat Nusantara UGM dilakukan launching film Derap Dayak. Film ini diproduksi oleh Dibalik Bingkai, sebuah komunitas di Yogyakarta yang bergerak di bidang arsip dan dokumenter.  Film dokumenter yang mengangkat cerita tentang kehidupan Masyarakat Adat Dayak di Balikpapan dan Samarinda ini diproduksi oleh Dibalik Bingkai pada tahun 2022.

Isu yang diangkat dalam film dokumenter berdurasi 41 menit ini penting mengingat Suku Dayak di Kalimantan Timur akan menghadapi sebuah perubahan besar dengan adanya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan TImur. Balikpapan akan menjadi salah satu kota penyangga IKN. Bagaimana dinamika dan dilema Masyarakat Adat Dayak dalam menjaga kebudayaan dan kelangsungan hidup perekonomian mereka diangkat dalam dokumenter ini.

Rangkaian launching diawali nonton bareng Derap Dayak lalu dilanjutkan dengan bedah film dan diskusi. Hadir sebagai pemantik diskusi Heri Santoso (Kepala Lafinus UGM), Adhan Ramadhan (Mahasiswa Kalimantan Timur), dan Musliichah dari Dibalik Bingkai. Launching film juga dihadiri Dwi Nur Rizkiansyah selaku produser Derap Dayak dan juga  founder Dibalik BIngkai. Derap Dayak dapat diakses dan ditonton di channel youtube Dibalik Bingkai. (ADV)

 

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tragedi Kanjuruhan, Kapolri Berjanji Usut Tuntas Pengamanan Pertandingan

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement