Advertisement

Bansos BBM untuk Warga Bantul Dicairkan Pekan Ini, Cek Lokasi Pencairannya

Ujang Hasanudin
Selasa, 06 September 2022 - 18:17 WIB
Budi Cahyana
Bansos BBM untuk Warga Bantul Dicairkan Pekan Ini, Cek Lokasi Pencairannya Ilustrasi - Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—PT Pos Indonesia Cabang Bantul berencana mencairkan bantuan langsung tunai (BLT) atau bantuan sosial (bansod) dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai pekan ini. Kantor Pos Cabang Bantul masih berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul untuk memudahkan pencairan bagi keluarga penerima manfaat (KPM) bansos BBM.

Koordinator Satgas BLT BBM Kantor Pos Bantul, Anwar Harsono, mengatakan berdasarkan dari data Kementerian Sosial, KPM BLT BBM di Bantul mencapai 31.729 yang tersebar di 12 kapanewon atau kecamatan.

Advertisement

BACA JUGA: Duh, Data 3.000 PNS Bocor dan Dijual Bebas! Isinya NIK hingga Rekening

Sementara, warga di lima kapanewon lainnya meliputi Sewon, Sedayu, Piyungan, Banguntapan dan Kasihan, akan mendapat bansos BBM melalui Kantor Pos Cabang Kota Jogja, “USebenarnya hari ini juga bisa dicarikan, tapi kami masih berkoordinasi dengan panewu [camat] untuk teknis pencairannya,” kata Anwar, Selasa (6/9/2022).

Kantor Pos Bantul akan menyampaikan undangan pencairan BLT BBM kepada KPM di masing-masing wilayah yang dibantu oleh pemerintah kecamatan. Undangan akan langsung diantarkan ke rumah masing-masing KPM. Jika penerima BLT BBM yang tertera dalam surat undangan sudah meninggal dunia atau pindah domisili, BLT BBM akan diberikan kepada anggota keluarganya. “Selama itu masih dalam satu KK [Kartu Keluarga]. Kalau penerima manfaat tidak dalam satu KK, dana BLT BBM akan dikembalikan lagi ke Pemerintah Pusat,” katanya.

Bansos BBM sebesar Rp150.000 per bulan dan akan dicairkan sekaligus untuk dua bulan, yakni September dan Agustus sebesar Rp300.000. Anwar mengatakan data penerima BLT BBM sama dengan data penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) yang besarnya Rp200.000 per bulan.

BACA JUGA: Siap-Siap! Bansos BBM di Sleman Cair Dua Sampai Tiga Hari Lagi

Penerima BLT BBM dan BPNT dapat langsung mencairkan Rp500.000. Mereka bisa mencairkan bansos langsung di kantor pos atau kantor kecamatan. Kantor Pos masih berkoordinasi dengan pemerintah kapanewon agar kantor kapanewon bisa digunakan sebagai lokasi pencairan BLT BBM sekaligus BPNT. Jika ada KPM yang tidak bisa datang, petugas Kantor Pos akan mendatangi langsung rumah KPM.

Kepala Dinas Sosial Bantul, Gunawan Budi Santosa, mengatakan sampai saat ini jawatannya belum mendapatkan data penerima BLT BBM. Menurutnya, data penerima bansos BBM langsung diberikan oleh Kementerian Sosial kepada Kantor Pos. Dinas Sosial Bantul juga tidak mendapatkan tembusan data tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement