Advertisement

Diresmikan Menkumham Yasonna, Pembangunan Bapas Kelas I Jogja Habiskan Rp7 Miliar

Triyo Handoko
Sabtu, 10 September 2022 - 20:47 WIB
Budi Cahyana
Diresmikan Menkumham Yasonna, Pembangunan Bapas Kelas I Jogja Habiskan Rp7 Miliar Menkumham Yasonna H. Laoly saat memberikan sambutannya dalam acara peresmian Bapas Kelas I Jogja, Sabtu (10/9/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly meresmikan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Jogja, Sabtu (10/9/2022).

Pembangunan Bapas yang menelan biaya Rp7 miliar itu guna memberikan pelayanan pemasyarakatan di wilayah Jogja, Sleman, dan Kulonprogo.

Advertisement

Dalam peresmian di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA atau Lapas Wirogunan, Yasonna mengapresiasi seluruh kinerja positif jajaran Kanwil Kemenkumham DIY. 

“Pembangunan gedung baru Bapas Kelas I Yogyakarta merupakan langkah strategis dan saya harapkan dapat mendukung tugas dan fungsi penelitian kemasyarakatan, pembimbingan, pengawasan, dan pendampingan dalam peradilan pidana anak di wilayah,” katanya, Sabtu (10/9/2022).

Selain meresmikan Bapas Kelas I Jogja, Yasonna juga meninjau aplikasi Assesment Center Narapidana (Ascena) di Lapas Wirogunan. 

“Sesuai Peraturan Menkumham No.7/2022 narapidana dan anak pidana diwajibkan mengikuti program pembinaan baik pembinaan kepribadian maupun kemandirian yang dijadikan tolak ukur bagi wali pemasyarakatan untuk memberikan penilaian perkembangan pembinaan narapidana,” terangnya.

Kepala Kanwil Kemenkumham DIY Imam Jauhari menjelaskan latar belakang pembangunan gedung Bapas Kelas I Jogja yang baru. “Tujuannya menunjang tugas dan fungsi pelayanan bimbingan pemasyarakatan dengan lingkup kerja yang luas di dua kabupaten satu kota,” ujarnya, Sabtu (10/9/2022).

Imam menilai bagunan lama Bapas Kelas I Jogja sudah tidak memadai digunakan lagi. “Gedung Bapas lama akan digunakan untuk cagar budaya oleh Keraton juga,” katanya.

Pembangunan gedung Bapas Kelas I Jogja menggunakan DIPA tahun 2021 sebesar Rp7.780.191.000. “Tapi realisasinya di bawah itu, sebesar Rp7.735.515.844,” katanya.

Gedung yang baru diresmikan tersebut berada di Godean, Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement