Advertisement

Penyaluran Bansos BBM di Kulonprogo Ditarget Rampung Pekan Ini

Catur Dwi Janati
Senin, 12 September 2022 - 22:17 WIB
Bhekti Suryani
Penyaluran Bansos BBM di Kulonprogo Ditarget Rampung Pekan Ini Ilustrasi bantuan

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau bansos Bahan Bakar Minyak (BBM) ditargetkan  selesai tepat waktu. Warga diminta mengalokasikan bantuan dengan baik yakni untuk membeli kebutuhan pokok dan sembako. 
Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kulonprogo, Yohanes Irianto menuturkan dari hasil pemantauannya di lapangan, penyaluran BLT BBM berjalan lancar. Tidak ditemukan kendala berarti selain sejumlah warga yang datang lebih awal dari jadwal pengambilan bantuan. 
"Saya dari Lendah, Panjatan, Sentolo berjalan lancar sesuai yang dijadwalkan. Di Lendah itu yang harusnya jam 12 malah sudah datang awal, sehingga agak terjadi penumpukan. Tapi secara keseluruhan aman terkendali lancar," terangnya pada Senin (12/9/2022).
Sistematika penyaluran bantuan melalui pos dinilai Irianto cenderung efektif lantaran Kulonprogo telah terbiasa melakukan penyaluran bansos dengan via Pos. Masyarakat juga disebutkan Irianto sudah paham perihal penataan undangan jadwal yang disusun, sehingga penyaluran bantuan berjalan lancar. Irianto optimistis bila penyaluran BLT BBM di Kulonprogo dapat rampung tepat waktu tanggal 16 September nanti. "Sampai sekarang mengalir begitu saja, lancar," tambahnya. 
Hingga pekan ini di Kulonprogo tidak ditemui adanya warga yang merasa harusnya masuk penerima Bantuan namun tidak terdaftarkan ataupun sebaliknya warga yang merasa tidak tepat mendapat bantuan namun masuk dalam daftar penerima Bantuan.
"Sampai saat ini tidak ada. Karena kalau iya pun disalurkan melalui usul aplikasi Cek Bansos ataupun melalui Kalurahan sehingga kami nanti rekap kita kirim datanya melibatkan Kemensos," tandasnya. 
Pada tahap pertama, penerima Bantuan akan memperoleh BLT BBM Rp300.000 plus Rp200.000 bansos sembako September. "Kemudian nanti di akhir November untuk yang Rp300.000 dan juga Rp200.000 bansos sembako yang diberikan tunai," jelasnya.
Atas tersalurkannya bantuan ini, Irianto berharap masyarakat dapat memanfaatkan bantuan tersebut sesuai instruksi yang diberikan. "Tadi di kantor pos saya sampaikan ke penerima, Rp300.000 ini untuk BLT BBM tapi bukan dalam konteks membeli BBM, tapi untuk penguatan bantuan kebutuhan-kebutuhan pokok," ujarnya.
"Kemudian yang Rp200.000 yang diberikan tunai itu tetap dibelanjakan untuk empat komponen, beras plus protein nabati, protein hewani dan juga sayur buah, itu sudah paham mereka tapi diberikan tunai," tegasnya. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TRAGEDI KANJURUHAN: Lakukan Investigasi, Kapolri Dalami Prosedur Pemakaian Gas Air Mata

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement