Advertisement

PROGRAM BKKBN DIY: Pengelolaan Kampung KB Diperkuat

Media Digital
Rabu, 14 September 2022 - 22:47 WIB
Bhekti Suryani
PROGRAM BKKBN DIY: Pengelolaan Kampung KB Diperkuat Workshop pengelolaan Kampung KB di Hotel Grand Dafam Rohan, Banguntapan, Bantul, Selasa (13/9/2022). Workshop ini digelar hingga Jumat (16/9/2022) - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

JOGJA—Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIY menggelar workshop pengelolaan Kampung KB di Hotel Grand Dafam Rohan, Banguntapan, Bantul pada Selasa (13/9/2022) hingga Jumat (16/9/2022). Kegiatan itu untuk menguatkan stakeholder dalam mewujudkan Kampung KB di DIY.

Kepala Perwakilan BKKBN DIY Shodiqin menjelaskan Kampung Keluarga Berkualitas merupakan salah satu program prioritas nasional sebagai upaya pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga di tingkat desa dan kelurahan.

Advertisement

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dilakukan secara terintegrasi dan konvergen lintas sektor. Pelaksanaan workshop ini merupakan kegiatan prioritas nasional yang dilaksanakan di tingkat provinsi secara. “Jumlah peserta ada 55 orang dari organisasi perangkat daerah [OPD] di lingkungan Pemda DIY, kemudian perwakilan BKKBN DIY, OPD terkait di kabupaten dan kota di DIY serta dari perwakilan Pokja Kampung KB seluruh DIY,” katanya Rabu (14/9/2022).

Melalui kegiatan workshop ini diharapkan menjadi saran sosialisasi arah kebijakan dan Inpres Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas. Dalam workshop tersebut pada panel pertama, peserta diberikan materi tentang arah dan kebijakan pengembangan dan pengelolaan Kampung KB.

Sedangkan pada panel kedua terkait peran pemerintah desa dalam penyelenggaraan Kampung KB serta peran Dinas Kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di tingkat desa.

“Kemudian pada hari ketiga akan dilakukan kunjungan lapangan di Kampung KB Sendangsari,” kata Koordinator Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN DIY Ita Suryani.

Kabid Pengendalian Penduduk dan KB, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY Zuli Murpuji Astuti mengatakan untuk mewujudkan Kampung KB butuh sinergi dari semua pihak. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement